Scroll to Top

10 Birgadir Polres Bengkalis Melanggar Disiplin & 2 Pidana Selama 2017

By Fitri Laurencia / Published on Sabtu, 30 Des 2017 11:06 AM / No Comments / 46 views
Dalam Press Release nya, Polres Bengkalis mengekspos disiplin personilnya sepanjang 2017. Ada 10 pelanggaran dengan 2 pidana

Bengkalis, Sijoripost.com – Dari 568 personel yang bertugas di wilayah hukum Polres Bengkalis tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Bengkalis, kurun waktu 2017 ini terdapat 19 perkara pelanggaran.

Pelanggaran tersebut mulai dari tidak masuk kantor, indisipliner, dan lain sebagainya. Dari 19 pelanggaran disiplin, terdapat 1 perwira dan 18 bintara.

“Jadi kami ingin menunjukkan komitmen dalam membina internal kepolisian dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa polisi juga tidak boleh melanggar, kalau melanggar akan ditindak dan ini adalah komitmen kita bersama,” ungkap Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni, SIK didampingi Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis Dr. Sutarno, SH, MH, Assisten I Setda Bengkalis Umi Kalsum, dan Danramil Bengkalis Mayor Ikhwan dalam press release akhir tahun 2017 di Pos Pelayanan Roro Air Putih Bengkalis, Jum’at (29/12/17) petang.

Dijelaskan Kapolres, dari pelanggaran disiplin meningkat menjadi pelanggaran kode etik, ini yang sudah menjadi ancaman dan bisa diberhentikan dari kesatuan kepolisian. Ada 10 perkara yang ditangani, kesepuluh orang oknum polisi ini berpangkat Brigadir. Dua perkara sudah divonis selesai, dan 8 perkara lagu sedang berjalan. Kemudian ada dua oknum polisi yang terlibat perkara pidana.

“Selanjutnya tidak hanya disitu, apabila ada unsur pidananya lebih kuat, maka akan kita pidanakan oknum tersebut. Ada dua anggota kita yang dipidanakan, satu perkara sudah selesai dan satu dalam proses,” terang Kapolres lagi.

Selain kondisi pengawasan internal, pres release juga dihadiri Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H. Amrizal, Ormas PP Bengkalis, kesempatan ini Kapolres juga memaparkan hal-hal yang belum ditangani dengan baik, terbukti dengan masih adanya tindak kejahatan, dirinya berharap seluruh pihak bekerja sama meminimalisir kerawanan Kamtibmas di wilayah hukum Bengkalis.

Selanjutnya, kurun waktu 2017 ini mengacu tahun lalu ada yang mengalami peningkatan dan menjadi atensi pihaknya adalah tingginya pengungkapan narkoba dengan barang bukti yang cukup banyak.

“Upaya preventif, kita membuka diri kepada masyarakat dalam rangka memberantas peredaran narkoba ini. Selain itu kejahatan jalanan, dan masih saja terjadi seperti terjadi Curat, Curas dan pencurian biasa, ini juga perlu kerjamsama berbagai pihak agar meminimalisir kejadiannya,” jelasnya.

Kurun waktu 2017 ini, berdasarkan data yang diinput bahwa Polres Bengkalis tercatat menangani 659 perkara dan selesai sampai ketingkat tuntutan maupun mediasi sebanyak 513 perkara dapat diselesaikan, atau sekitar 78%. dibandingkan dengan 2016 terlihat sama-sama 78%.

“Namun, jika dilihat secara kwantitas, tindak kejahatan ada penurunan sangat signifikan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 sebanyak 924, sedangkan 2017 menjadi 659 perkara. Adanya penurunan ini, mengindikasikan aktivitas kegiatan kepolisian ataupun mendukung Kamtibmas menekan angka kejahatan dapat dikatakan cukup berhasil, turun hampir 40% dari angka kejahatan yang terjadi,” ujar Kapolres.

riauterkini.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares