Scroll to Top

8 Kapal Dikerahkan untuk Patroli di Perairan Riau

By Redaksi Sijoripost / Published on Jumat, 31 Mei 2019 20:36 PM / No Comments / 41 views
Kapal pencuri ikan (ilustrasi : google)

Pekanbaru, Sijoripost.com – Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengerahkan 8 unit kapal. Armada itu dipersiapkan untuk melakukan patroli, terutama di sekitar Selat Malaka.

“Kita juga  mengerahkan sebanyak 8 kapal patroli. Terutama di sekitar Selat Malaka, yang kemungkinan akan lebih padat,” ujar Direktur Polisi Air (Dir Polair) Polda Riau, Kombes Pol Badaruddin, Jumat (31/5).

Selain itu, kata dia, kapal patroli ini juga diperuntukkan untuk memberikan pertolongan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Kita melakukan  pemantauan lewat pos-pos perairan yang ada. Di antaranya di Guntung, Panipahan, dan Kuala Gaung. Ke depan kita juga akan bangun pos di Rupat Hilir dan Pulau Kijang,” sebut dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya ingin memastikan kenyamanan masyarakat terutama yang akan melakukan mudik lebaran menggunakan jalur perairan. Salah satunya, dengan melakukan pengecekan kapal penumpang di Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru.

Hal itu, memastikan kesiapan dan kelayakan angkutan transportasi air berlayar. Satu-persatu angkutan mudik yang akan beroperasi tak luput dari pengecekan. Mulai dari sarana dan prasarana hingga keselamatan bagi para penumpang.

“Kita lakukan pengecekan terhadap pelabuhan pelayaran dan kapal yang menjadi sarana transportasi angkutan air. Salah satunya di Pelabuhan Sei Duku ini,” sebutnya

Tidak hanya itu, pengecekan juga dilakukan terhadap pos pelayanan yang berada di pelabuhan tersebut.

“Kita minta penumpang selama dalam perjalanan menggunakan alat keselamatan berupa life jacket (baju pelampung,red). Kepada perusahaan agar tidak membawa penumpang melebihi kapasitas,” imbau Kombes Pol Badaruddin.

Dalam kesempatan itu, dia telah menginstruksikan kepada seluruh Satuan Polair masing-masing daerah, agar rutin melakukan pengecekan ke pelabuhan. Lalu memberikan

imbauan dan sosialisasi dengan pemasangan spanduk-spanduk pihak pengusaha kapal dan masyarakat selaku penumpang, senantiasa mematuhi aturan.

“Kepada para pengusaha jasa transportasi kita imbau agar mematuhi aturan yang ada. Melakukan pengecekan kelaikan kapal secara berkala, menyiapkan peralatan keselamatan, dan jangan membawa penumpang berlebihan,” pungkasnya.

Haluanriau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares