Scroll to Top

Anggota DPRD Riau dicecar pertanyaan soal gaji oleh anak SMP

By Redaksi Sijoripost / Published on Rabu, 06 Nov 2019 22:29 PM / No Comments / 30 views

Pekanbaru, Sijoripost.com – Puluhan Murid kelas VIII SMP IT Attaqwa Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, Rabu (06/11) lakukan kunjungan ke DPRD Riau. Ini dalam mengablikasikan mata pelajaran terutama PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) tentang tugas dan Peranan DPRD Riau.

Kedatangan para pelajar tingkat menengah ini disambut Wakil Ketua DPRD Riau, Asri Auzar dan Zukri Misran. Juga Ketua Komisi I, Ade Agus Hartanto di Ruang Medium DPRD Riau.

Ada yang menarik dari pertemuan ini, disamping menanyakan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), tugas, fungsi dewan dan lainnya, juga pertanyakan gaji anggota dewan.

Asri Auzar selaku pimpinan pertemuan meminta pada Ade Agus Hartanto dalam menjelaskan. Ade Agus Hartanto minta para murid menebak dulu apakah gaji anggota dewan diatas Rp 10 jt atau dibawah Rp 10 juta per bulan. Tak pelak secara serentak dan kompak semua murid menjawab diatas Rp 10 juta.

Namun jawaban itu disalahkan oleh politis PKB ini. Gaji pokok anggota dewan adalah dibawah Rp 10 juta yaitu Rp 6,5 juta per bulan.

“Kalau gaji pokok yang ditanyakan adalah dibawah sepuluh juta rupiah. Tapi ada tambahan hak-hak lain, kalau ditotalkan memang diatas sepuluh jutaan rupiah,” jelas Ade Agus.

Sementara mengenai penjelasan fungsi, tugas dan kondisi ruang kerja dari DPRD Riau dimintakan pada Zukri Misran dalam menjelaskan. Zukri mulai menjelaskan mengenai AKD dan ruang kerja anggota dewan. Pertama diperkenalkan adalah ruang Medium di mana tempat yang dijadikan sebagai pertemuan.

Ruang Medium digunakan oleh anggota dewan sebagai tempat rapat Badan Musyawarah (Banmus) dan Badan Anggaran (Banggar).

“Rapat Banmus merupakan rapat dalam penyusunan kegiatan DPRD Riau dalam satu bulan. Rapat Banggar adalah pembahasan APBD bersama pemerintah yang diwakilkan oleh TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah).

Kemudian disampaikan juga kalau pimpinan di DPRD Riau terdiri dari satu Ketua dan tiga Wakil Ketua.

“Ketua DPRD Riau adalah Indra Gunawan Eet (Golkar). Tiga Wakil Ketua terdiri dari Zukri Misran (PDI-P), Asri Auzar (Demokrat) dan Hardiyanto (Gerindra). Kemudianbada lima Komisi masibg-masing ada Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris,” jelasnya sembar mengatakan juga ada Bapemperda yaitu mempersiapkan tentang Perda dan semua keputusan dilakukan di ruang Paripurna.

Mengenai tugas anggota DPRD Riau ada tiga yaitu fungsi legislasi atau membuat Perda, fungsi Bajetting yaitu penganggaran dan fungsi pengawasan.

Pada kesempatan tersebut Zukri juga menyebutkan delapan orang nama-nama Anggota DPRD Riau dari Dapil Siak-Pelakawan yaitu Zukri Misran, Husni Thamrin, Markarius Anwar, Sugianto, Sewitri, Soniwati, Tumpal Hutabarat dan Zulfi Mursal.

 

Media centre riau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares