Scroll to Top

Sebuah asteroid sedang bergerak menuju bumi

By Fitri Laurencia / Published on Jumat, 09 Feb 2018 17:02 PM / No Comments / 108 views
Ilustrasi

Sijoripost.comSebuah asteroid sedang bergerak menuju Bumi. Asteroid ini akan menjadi asteroid kedua dalam sepekan ini yang akan melintasi Bumi. Namun, tidak perlu khawatir, asteroid ini tidak akan menyebabkan bencana di Bumi.

Dilansir The Guardian, batuan luar angkasa yang baru saja ditemukan ini akan melintasi Bumi sejauh 63 ribu kilometer pada Jumat (9/2) sore waktu GMT atau sekitar Jumat (9/2) malam waktu Jakarta. Pada waktu tersebut jarak antara asteroid itu dan Bumi akan sedekat seperlima jarak Bumi ke Bulan.

Asteroid yang dinamakan 2018 CB ini diperkirakan memiliki ukuran panjang dan lebar antara 15 sampai 40 meter, mungkin lebih besar daripada yang meledak di Rusia pada Februari 2013.

Manajer Center for Near-Earth Object Studies NASA, Paul Chodas, mengatakan asteroid sebesar ini biasanya tidak datang dalam waktu hampir bersamaan, biasanya hanya satu atau dua kali setahun.

Meskipun asteroid nanti tidak akan menyebabkan dampak tertentu, Chodas mengatakan dalam emailnya kepada The Guardian, “Ini adalah peringatan bahwa asteorid bisa mendekati Bumi dan penting untuk mengamati objek langit apa saja yang mendekati Bumi.”

Untuk kedua kalinya asteroid melintasi Bumi dalam sepekan setelah pada Selasa (6/2) sebuah asteroid yang dinamakan 2002 AJ129 melintas dengan jarak 183 ribu kilometer dari Bumi, sekitar setengah dari jarak Bumi ke Bulan.

Kedua asteroid yang melintasi Bumi pada pekan ini sama-sama ditemukan oleh para astronom di Catalina Sky Survey, Arizona, Amerika Serikat, pada 4 Februari 2018.

Tahun lalu, menurut Chodas, lebih dari 2 ribu asteroid yang tidak dikenal ditemukan di dekat Bumi. Saat ini para astronom sedang mencari asteroid-asteroid yang tersembunyi di bayang-bayang kosmik.

“Asteroid-asteroid ini terlalu kecil untuk terdeteksi sampai mereka berada di dekat Bumi,” tulisnya.
Asteroid yang meledak di Chelyabinsk Rusia pada 15 Februari 2013 adalah salah satu contohnya. Ia tidak terdeteksi sebelumnya sampai asteroid berbentuk bola api raksasa itu masuk ke atmosfer Bumi dan mengejutkan banyak orang.

kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares