Scroll to Top

Bawaslu Riau plenokan dugaan pelanggaran oleh Sekko Pekanbaru

By Fitri Laurencia / Published on Sabtu, 20 Jan 2018 09:04 AM / No Comments / 70 views
Bawaslu

Pekanbaru, Sijoripost.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau memutuskan untuk memproses dugaan pelanggaran yang diduga dilakukan Sekretaris Kota (Sekko) Pekanbaru Drs M Noer MBS setelah panggilan Bawaslu tidak dihadiri M Noer, Jumat (19/1).

“Sampai siang kami tunggu kehadiran Pak Sekko di Kantor Bawaslu, namun dia tidak datang. Kami berpikir positif saja, mungkin beliau ada kesibukan lain. Namun proses ini tidak bisa menunggu, karena kami memiliki prosedur terhadap dugaan pelanggaran ini,” ujar Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan.

Rusidi memastikan, pihaknya tidak akan melakukan pemanggilan ketiga karena proses klarifikasi yang dilakukan sudah berjalan sesuai prosedur.

“Sore ini (kemarin, red) kami masih rapat coklit. Jadi kemungkinan malam kami beserta seluruh Komisioner Bawaslu melakukan pleno. Insya Allah besok (hari ini, red) sudah ada hasilnya,” kata Rusidi.

Pleno yang dimaksud Rusidi adalah rapat bersama yang mengkaji serta menyimpulkan dugaan pelanggaran yang dialamatkan kepada M Noer. Setelah pleno, Bawaslu akan mendapat hasil berupa kesimpulan pelanggaran. Hasil tersebut sekaligus menjadi acuan Bawaslu untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

Jika hasil pleno menyimpulkan ada dugaan pelanggaran kode etik, maka pihak Bawaslu akan memberikan rekomendasi kepada instansi terkait. Seperti Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Jika tidak ditemukan pelanggaran, kasus itu akan ditutup.

Sedangkan untuk dugaan pelanggaran terhadap tiga ASN lainnya, Rusidi memastikan pemanggilan oleh Bawaslu akan tetap berjalan pada Senin (22/1).

“Tiga ASN lain tetap. Kami akan tunggu untuk dimintai klarifikasi,” sebutnya.

M Noer saat dikonfirmasi mengenai ketidakhadirannya atas panggilan Bawaslu tidak memberikan respon. Panggilan seluler sebanyak dua kali tidak dijawab yang bersangkutan. Begitu juga dengan pesan singkat yang dikirim.

riaupos.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares