Scroll to Top

Bawaslu Riau temukan 41 pelanggaran pemilu

By Redaksi Sijoripost / Published on Senin, 07 Jan 2019 13:15 PM / No Comments / 49 views

Pekanbaru, Sijoripost.com – Hingga 4 Januari 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau menemukan 41 dugaan pelanggaran pada Pemilu selama tahun 2018.

Angka tersebut terhitung sejak tahapan awal Pemilu, yaitu verifikasi Parpol hingga tahapan kampanye.

Komisioner Bawaslu Riau, Gema Wahyu Adinata mengatakan, dari 41 dugaan pelanggaran pemilu, 13 di antaranya bersumber dari laporan masyarakat dan sisanya merupakan temuan Bawaslu.

Dari keseluruhan angka dugaan pelanggaran pemilu, 7 di antaranya merupakan pelanggaran administrasi, 9 tindak pidana pemilu, 11 pelanggaran netralitas dan lainnya merupakan pelanggaran hukum lainnnya dan pelanggaran kode etik.

“Dari 41 dugaan pelanggaran pada Pemilu tersebut 28 di antaranya sudah dan sedang ditindaklanjuti,” ujar Gema, Senin (7/1/2019).

Sedangkan kasus yang dihentikan lantaran tidak terbukti sebagai pelanggaran ataupun karena kurangnya bukti sebanyak 13 kasus.

Jika diklasifikasi berdasarkan wilayah, dari 41 dugaan pelanggaran 3 di antaranya laporan dari Bawaslu Riau, Pekanbaru 2 laporan, Dumai 7 laporan,  Bengkalis 2 laporan, Inhil 1 laporan, Inhu 1 laporan, Kampar 3 laporan, Kuantan Singingi 1 laporan, Pelalawan 1 laporan, Rohul 8 laporan, Rohil 1 laporan, Siak 2 laporan, dan Meranti 2 laporan.

“Dari data dugaan kasus pelanggaran yang paling banyak berasal dari Rohul, 8 kasus,” ujarnya.

Tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares