Scroll to Top

Berkas dua perkara korupsi di Siak dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Pekanbaru

By Fitri Laurencia / Published on Jumat, 05 Jan 2018 14:37 PM / No Comments / 42 views
Ilustrasi

Pekanbaru, Sijoripost.comPengadilan Tipikor Pekanbaru terima dua berkas perkara korupsi dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Siak.

Dua berkas dengan perkara berbeda dan tempat berbeda yaitu perkara pungutan liar (Pungli) pengurusan sertifikat Prona, dengan terdakwanya Suparman. Saat itu Suparman menjabat sebagai Kaur Pemerintahan di Desa Pinang Sebatang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak.

Berkas perkara satu lagi yaitu perkara tindak pidana korupsi Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) Anggaran Belanja Dana Kampung (APBKam) Muara Bungkal 2015. Dengan terdakwa Asril, mantan Kepala Desa Muara Bungkal, Siak.

“Dua berkas perkara korupsi dari Siak sudah kita terima, dan saat ini masih menunggu penetapan dari ketua pengadilan, menunjuk majelis hakim dan jadwal persidangannya,” terang Panmud Tipikor Pngadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Deni Sembiring SH kepada riauterkini.com, Jum’at (5/1/18) siang.

Dikatakan Deni, perkara pungli yang dilakukan Suparman ini, saat masyarakat desa Pinang Sebatang Barat, Kecamatan Tualang melakukan pengurusan sertifikat Prona.

Suparman yang menjabat Kaur Pemerintahan melakukan pemungutan biaya sebesar Rp 1 juta. Pada 31 Mei 2017 lalu Suparman tertangkap tangan (OTT) oleh personel Satreskrim Polres Siak. Di tangannya didapat barang buti berupa yang senilai Rp 3 juta lebih. Kemudian juga ada bukti data penerimaan.

Berdasarkan penyidikan, sertifikat yang diterbitkan sudah mencapai lebih 200 sertifikat. Rata-rata 1 sertifikat dimintai biaya sebanyak Rp 1 juta.” jelas Deni.

riauterkini.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares