Scroll to Top

Bupati Meranti Sholat Idul Adha 1440 H Bersama Masyarakat, Ajak Masyarakat Jauhi Hal Negatif

By Redaksi Sijoripost / Published on Minggu, 11 Agu 2019 12:48 PM / No Comments / 94 views

Meranti, Sijoripost.com – Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mengikuti Sholat Idul Adha 1440 H bersama masyarakat Meranti, Sholat Sunat Idul Adha yang tiap tahun dilaksanakan oleh umat muslim itu dipusatkan di Halaman Kantor Bupati, Minggu (11/8/2019).

Turut hadir bersama Bupati Kapolres Kepulauan Meranti AKBP. La Ode Proyek, Imam H. Al-Jufri, Khatib Ustadz Asep Darutahkik, Asisten III Sekdakab. Meranti Drs. H. Rosdaner M.Si, Staf Ahli Bupati Drs. Jonizar dan Jajaran Pejabat Eselon II Dilingkungan Pemkab. Merati, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabag Kesra Sekdakab. Meranti Drs. Husni Gamal, Tokoh Masyarakat/Agama dan seribuan masyarakat Meranti jemaah Sholat Ied.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, terutama di moment Idul Adha kali ini dengan memperbanyak Sholat dan Ibadah Haji bagi yang mampu, serta melaksanakan ibadah Qurban untuk berbagi kebahagiaan dengan masyarakat yang kurang beruntung.

“Di mata Allah setiap umat muslim sama derajatnya yang membedakan bukan pangkat jabatan tapi amal ibadah untuk itu mari kita tingkatkan amal ibadah dan ketaqwaan kita kepada Allah agar terhindar dari mara bahaya dan Meranti menjadi negeri yang Baldatun, Toybatun, Warabun, Ghofur,” ujarnya.

Selanjutnya Bupati mengajak masyarakat untuk saling bahu membahu melaksanakan hal yang positif dan menjauhi hal negatif agar terhindar dari segala marabahaya.

“Mari bersama-sama kita melakukan hal yang positif demi kemajuan Meranti dan jauhi segala hal yang negatif agar kita diberikan keberkahan oleh Allah SWT,” ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Bupati Irwan berpesan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan dan hutan dari Kebakaran Lahan yang cukup meresahkan Indonesia, khususnya Provinsi Riau. Caranya dengan tidak melakukan pembakaran lahan.

“Mari kita jaga lahan dan lingkungan kita jangan melakukan pembakaran lahan agar tidak terjadi kebakaran yang berujung pada kabut asap dan menderita penyakit,” ucapnya.

Terakhir Bupati Irwan atas nama keluarga dan Pemerintah Kepulauan Meranti mengucapkan Selamat Idul Adha 1440 H, kepada seluruh lapisan masyarakat Meranti seraya berharap semua mendapat keberkahan Allah.

Sementara itu Al-Ustadz Asep Darutahkik dalam tausiahnya berpesan kepada jamaah untuk senantiasa meneladani kisah Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS.

Dijelaskannya saat ini umat muslim yang berasal dari seluruh dunia melaksanakan hajatan besar yakni berkumpul di Arofah melaksanakan ibadah wajib haji yakni Wukuf. Setelah melaksanakan Sholat Idul Adha dilanjutkan dengan Qurban sebagai sarana Muqaroh atau mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu juga bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS.

Keteladanan yang dapat diikuti dari sejarah Nabi Ibrahim AS menurut Ustadz Asep diantaranya, 1. senantiasa berdoa kepada Allah tak pernah lelah dah putus asa ketika beliau meminta anak yang sholeh, 2. Memulai kesolehan itu dari diri sendiri dengan melakukan ketaatan, 3. Memohon kepada Allah diberikan kebaikan dalam berumah tangga, 4. Tak lupa berdoa untuk bangsa dan negarannya.

Salah satu doa yang sering diucapkan oleh Nabi Ibrahim AS adalah QS. Asy Syu’ro 83-85 ‘berikanlah kepadaku hikmah dan masukanlah aku kedalam golongan orang orang sholeh dan jadikanlah aku buah turut yang baik bagi orang yang datang kemudian dan jadikan aku termasuk orang orang yang menyukai syurga yang penuh hikmat.

Prosesi sholat Idul Adha 1440 H, diakhiri dengan doa bersama dan salam-salaman antara masyarakat dengan Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si yang didampingi Forkopimda dan Jajaran Pejabat Pemkab. Meranti.

Sekedar informasi ditempat terpisah Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim juga menggelar kegiatan serupa bersama ratusan warga di Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang

Sholat Idul adha di Masjid Agung Darul Ulum diimami H. Mahfud S.Pd dan Khatib Misran Yusroni LC MA

Secara keseluruhan kegiatan Sholat Idul Adha 1440 H di Kabupaten Kepulauan Meranti berlangsung dengan hikmat, aman dan lancar.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares