Scroll to Top

Cacar monyet pernah sengsarakan warga negara negara ini

By Redaksi Sijoripost / Published on Kamis, 16 Mei 2019 16:19 PM / No Comments / 445 views

Jakarta, Sijoripost.com – Kasus cacar monyet dilaporkan terjadi di Singapura. Seorang warga Nigeria yang datang ke Singapura positif mengidap penyakit ini.

Indonesia pun bersiaga untuk mencegah penyakit ini. Salah satu caranya adalah memasang alat pendeteksi suhu tubuh di bandara-bandara kedatangan dari luar negeri.

“Kalau di semua pelabuhan kami punya kantor kesehatan pelabuhan. Jadi artinya kami perlu karantina, di Soekarno-Hatta kami ada,” kata Menteri Kesehatan Nila Moeloek di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/5).

“Bentuknya screening demam, temperature, seperti CCTV gitu. Jadi kalau Anda demam dan lewat situ, gambarnya jadi merah-merah.”

Di Indonesia sendiri cacar monyet memang tak sepopuler cacar air. Menkes mengungkapkan bahwa terkait cacar monyet saat ini Indonesia terbilang masih aman. Belum ada kasus yang ditemukan di Indonesia.

Sebelum kasus ini muncul di Singapura, beberapa negara lainnya juga pernah diserang penyakit ini.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa negara yang pernah terjangkit cacar monyet.

1. Kongo
Cacar monyet pada manusia pertama kali teridentifikasi pada 1970 di Republik Demokratik Kongo (sekarang Zaire). Saat itu cacar monyet ditemukan pada seorang anak kecil di lokasi di mana cacar air sudah dibasmi habis pada 1968.

Mengutip WHO, sejak saat itu, kasus penyakit mulai bermunculan di Kongo dan Afrika Barat. Kongo pun menjadi endemik cacar monyet pada 1996-1997.

2. Amerika Serikat
Pada musim semi 2003, kasus cacar monyet pertama kali dilaporkan terjadi di Amerika Serikat. Ini juga jadi pertanda bahwa penyakit ini sudah menyebar sampai keluar benua Afrika.

Sebagian besar pasien dilaporkan pernah melakukan kontak langsung dengan hewah peliharaan yang terinfeksi oleh tikus Afrika.

3. Benua Afrika
Sejak tahun 1970-an kasus cacar monyet yang menginfeksi manusia ini dilaporkan terjadi di 10 negara di Afrika. Negara tersebut adalah Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, Kamerun, Afrika, Nigeria, Ivory Coast, Liberia, Sierra Leone, Gabon, dan Sudah Selatan.

Di tahun 2017 lalu, Nigeria mengalami infeksi parah cacar monyet, 40 tahun setelah negara itu dinyatakan bebas cacar monyet.

Mengutip CDC, pada Mei 2014 lalu, Sierra Leone juga mengalami kembali masalah dengan penyakit ini setelah 44 tahun dinyatakan bebas penyakit.

4. Inggris
Kasus baru infeksi cacar monyet atau monkeypox ditemukan menjangkiti warga Inggris. Public Health England (PHE) sudah memastikan dua orang warga Inggris telah didiagnosis terinfeksi virus langka cacar monyet.

PHE menyebut kedua kasus itu terjadi pada orang yang baru saja mengunjungi Nigeria. Cacar monyet memang merupakan virus yang pertama kali terjadi dan berkembang di Afrika tengah dan barat.

 

cnnindonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares