Scroll to Top

Cegah Corona, Batam berlakukan karantina zona kecamatan

By Redaksi Sijoripost / Published on Selasa, 31 Mar 2020 18:08 PM / No Comments / 73 views

Batam, Sijoripost.com – Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, memberlakukan karantina per zona kecamatan. Karantina itu bertujuan mencegah penularan virus Corona COVID-19.

“FKPD sepakat ‘untuk melakukan social distancing’… seluruh Kota Batam butuh pengamanan yang banyak. Maka pelaksanaannya dibagi per zona wilayah, supaya pihak pengamanan cukup,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi seusai rapat dengan berbagai pihak di Batam, Selasa (31/3/2020), seperti dilansir Antara.

Dia menjelaskan, di Batam terdapat 12 kecamatan, 12 di antaranya berada di pulau utama dan 3 lainnya di pulau-pulau penyangga. Rencananya setiap zona karantina melingkupi masing-masing 3 kecamatan.

Rencananya kebijakan itu dilaksanakan setelah impor sembako dilaksanakan demi memastikan ketercukupan kebutuhan pangan masyarakat selama karantina zona.

Karantina per zona akan dilaksanakan selama 14 hari sesuai dengan masa inkubasi virus. Apabila dalam masa karantina ada warga yang sakit dengan gejala COVID-19, akan langsung ditangani petugas medis.

“Dengan ini akan mempermudah kami sebagai penyelenggara. Apabila ada yang sakit, kita uji dengan rapid test dulu. Lalu bila perlu dilanjutkan tes swab di pusat,” kata pria yang juga menjabat Kepala BP Kawasan Batam itu.

Dia menegaskan, selama masa karantina zona ini perusahaan tetap bisa beroperasi. Tapi harus melaksanakan protokoler kesehatan seperti menyiapkan masker bagi pekerja, sarana cuci tangan atau hand sanitizer, serta mengatur jarak antarpekerja.

“Untuk yang bekerja, silakan tetap bekerja. Jadi yang akan kita tertibkan dalam masa karantina ini adalah warga yang tidak bekerja tapi masih berkeliaran. Kalau tidak ada kegiatan, kita mohon tidak berkeliaran,” kata dia.

 

detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares