Scroll to Top

Danau Rusa destinasi wisata baru di Kampar

By Redaksi Sijoripost / Published on Kamis, 12 Apr 2018 19:40 PM / No Comments / 77 views
Panorama Danau Rusa yang eksotis diambil belum lama ini. Kawasan ini akan dioptimalkan menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Kampar.

Bangkinang, Sijoripost.com – Potensi wisata Danau Rusa di Kecamatan XIII Koto Kampar akan dioptimal. Kawasan berpotensi jadi wisata alam itu kini masuk salah satu prioritas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kampar. Pelaksana Tugas (Plt) Kadisbudpar Kampar Heri Susanto menyebutkan, pihaknya sudah melakukan penjajakan untuk persiapan pengembangannya.

‘’Saat ini kami fokus untuk mempersiapkan master plan pengembangannya. Jadi apa-apa saja potensi wisata yan besar dikembangkan di sana sedang kami susun bersama tim, nanti setelah selesai baru akan diajukan dan dimulai pembangunannya,’’ sebut Heri.

Pengembangan tersebut menurut Heri nanti akan sesederhana mungkin. Yang perpenting adalah segala potensi yang akan mendatangkan wisatawan ke Danau Rusa akan dikembangkan. Mulai dari tempat peristirahatan, kedai-kedai kecil untuk minum hingga beberapa fasilitas umum dan fasilitas pendukung lainnya.

‘’Potensi alamnya sudah ada, karena di sana sangat indah dan sangat alami hingga cocok dijadikan sarana refreshing dan foto-foto. Cuma sekarang di sana tidak ada tempat duduk dan tempat berteduh,’’ sebut Heri.

Angin segar rencana ini sudah mulai menampak peluangnya. Pasalnya saat ini Disbudpar Kampar telah diminta untuk mendata luas lahan kawasan Danau Rusa yang disebut seluas 40 hektare itu. Menurut Heri, pihaknya diminta untuk menginventarisir luasan kawasan tersebut. Namun, hingga saat ini, baru sekitar 20 hektare didapatkan lengkap dengan surat menyuratnya.

‘’Bila itu sudah didapatkan, maka nanti pengelolaannya akan ada pada kami,’’ sebut Heri. Setelah berbicara dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di sana, hal awal yang akan mulai disediakan adalah wahana permainan air dan tempat berteduh. Namun yang terpenting, lanjut dia, adalah master plan.

riaupos.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares