Scroll to Top

Dihari Ulang Tahunnya, Darma Indo Damanik dilantik sebagai Ketua PN Rengat

By Redaksi Sijoripost / Published on Kamis, 29 Mar 2018 20:11 PM / No Comments / 81 views
Pengambilan sumpah jabatan sebagai Ketua Pengadilan Negeri Rengat

Rengat, Sijoripost.com – “Selamat bertugas kepada Darma Indo Damanik. Beban tugas sebagai Ketua Pengadilan Negeri(PN) lebih berat dibandingkan tugas sebagai Wakil Ketua PN. Apalagi Pengadilan Negeri Rengat merupakan Pengadilan Negeri yang sudah mendapat prediket Akreditasi A”

Dan juga selain itu pula, PN Rengat saat ini membawahi dua Kabupaten yaitu Indragiri Hulu (Inhu) dan Kuantan Singingi (Kuansing) yang merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Inhu di masa-masa awal reformasi dulu. Oleh karena itu Adam mengajak Darma Indo Damanik untuk membangun komunikasi yang baik dengan kedua jajaran pemerintahan kabupaten tersebut.

itulah sepenggal pesan dari Ketua Pengadilan Tinggi Riau H. Adam Hidayat. A, SH, MH Kepada Ketua Pengadilan Negri Rengat yang baru Darma Indo Damanik S.H., M.Kn setelah prosesi pengambilan sumpah jabatan usai.Dengan demikian pria yang biasa disapa dengan panggilan Darma resmi menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Rengat.

Darma Indo Damanik S.H., M.Kn saat ditempatkan ke Pengadilan Negri Rengat mengaku sangat terkejut, dikarenakan wilayah Kabupaten Rengat sangat jauh dari pusat Provinsi Riau.

Walaupun begitu pria kelahiran Pematang Siantar, 15 Maret 1977 merasa nyaman dengan jabatan baru sebagai Ketua Pengadilan Rengat, karena dalam penilaiannya semua instansi yang ada di kedua kabupaten(Rengat,Kuantan singingi,red) saling mendukung dalam menjalankan tugas.

Perlu diketahui, Dalam karirnya sebelum menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negri Rengat, Darma Indo Damanik S.H., M.Kn mengawali karirnya sebagai calon hakim (cakim) pada tahun 2001 ketika masih berumur 24 tahun di Pengadilan negeri Tanjung balai hingga tahun 2005 silam.

Dianggap berkompeten oleh Mahkamah Agung, pada Tahun 2005-2008 Darma sapaan akrabnya ditunjuk oleh MA sebagai Hakim di Pengadilan Negeri Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan.

Hanya berselang tiga tahun, Darma Indo Damanik kembali ditugaskan ke beberapa wilayah di indonesia sebagai hakim di Pengadilan Negri Kisaran pada tahun 2008 sampai dengan 2012 dan sebagai hakim di Pengadilan Negri Kabanjahe Kabupaten Karo Sumatera Utara pada tahun 2012 hingga 2015 yang lalu.

Dengan karir yang cemerlang dan gemilang, diusia yang masih muda,38 tahun, Darma Indo Damanik S.H., M.Kn dipercaya oleh Mahkamah Agung untuk memimpin Pengadilan Negeri Pidie sebagai Wakil Ketua Pengadilan Pidie.Kabupaten Pidie Provinsi Aceh.

Ditempat yang dikenal lahirnya para pejuang GAM Aceh, Darma Indo Damanik merasa tertantang, bukan hanya karena beban tugas sebagai Wakil Ketua Pengadilan yang diemban, Namun juga harus bisa menghadapi situasi dan kondisi yang dikenal sangat berbahaya.

Dari tahun 2015 hingga 2018, setelah menjalankan tugas dengan baik sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pidie, Darma Indo Damanik dimutasi oleh Mahkamah Agung di tempat yang baru di Kota Rengat Provinsi Riau, kota yang dikenal sebagai ‘Kota Raja’. dan lahirnya seorang sastrawan terkenal Chairil Anwar.

Diawal bulan Maret tahun ini, dihari ulang tahunnya yang ke 41 tahun, Darma Indo Damanik resmi menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Rengat, dengan beban dipundaknya Darma bertekad untuk meneruskan kesuksesan yang telah dicapai Ketua PN sebelumnya, Agus Akhyudi yang telah mengantarkan PN Rengat meraih Akreditasi A dan ISO 9001.

Bukan itu saja, Pria yang masih tergolong muda menjabat sebagai ketua Pengadilan tertantang untuk menciptakan sistem kekeluargaan dalam bekerja agar tetap terjaganya kondusifitas kinerja.(spc1)

Berikut Foto prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Ketua Pengadilan Negeri Rengat:

Prosesi Pelantikan diawali dengan pembacaan doa

 

Pengambilan sumpah jabatan

 

Penandatangan kelengkapan administrasi jabatan selaku Ketua Pengadilan negri

 

Serah terima jabatan antara Ketua Pengadilan Rengat, Agus Akhyudi kepada Ketua Pengadilan Rengta yang baru Darma Indo Damanik

 

Penandatanganan kelengkapan administrasi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Riau H. Adam Hidayat. A, SH, MH.

 

Pemasangan kalung kehormatan sebagai Ketua Pengadilan Negeri Rengat

 

Mendengar wejangan dari Ketua Pengadilan Tinggi Riau H. Adam Hidayat. A, SH, MH.

 

Foto bersama dengan Ketua Pengadilan Tinggi Riau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares