Scroll to Top

Dinas ESDM Riau : Riau Terang tercapai di tahun 2019

By fadjar / Published on Minggu, 27 Mei 2018 20:52 PM / No Comments / 42 views
Ilustrasi (google)

Pekanbaru, Sijoripost.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Riau-Kepri optimis program Riau Terang akan tercapai di tahun 2019.

Demikian disampaikan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau, Indra Agus Lukman, Ahad (27/2018).

“Kita dan PLN berharap tahun 2019 program Riau terang sudah tercapai. Jadi kita akan fokus melakukan penerangan per desa-desa, karena dalam satu desa itu ada dusunnya yang jauh dari kantor desa,” katanya.

Dia mengatakan, untuk mengaliri listrik desa pihaknya mencoba mengganggarkan di APBD Riau. Disamping itu pihaknya akan mengusulkan ke APBN.

“Jadi itu strateginya untuk mengaliri masyarakat yang jauh-jauh dari kantor desa. Tapi kalau yang mendesak kita kerjasama dengan PLN, apakah itu PLN yang menganggarkan atau kita,” ujarnya.

Lebih rinci disampaikan Indra, saat ini ada 200 lebih desa di Riau belum teraliri listrik. Namun angka itu sudah berkurang, karena baru-baru ini Pemprov Riau bersama PLN sudah meresmikan penyalaan listrik 24 desa di Indragiri Hilir, Riau.

“Yang sebelumnya 200 desa itu per Maret 2018 sudah berkurang 24 desa. Karena terakhir kemarin ada diresmikan di Inhil oleh pak Sekdaprov Riau. Jadi sisa itu 176 kita tuntaskan tahun 100 desa, kemudian 76 lagi di 2019,” terangnya.

Disamping itu, Indra mengaku ada beberapa desa di kabupaten seperti di Pelalawan itu sulit dijangkau. Karena sumber energi untuk menyambung ke desa dan jumlah konsumennya sangat terbatas.

“Tapi PLN sudah menyanggupi, namun untuk sementara mereka fokus desa yang banyak konsumennya. Begitu juga desa-desa di pulau, seperti di Kabupaten Kepulauan Meranti untuk sumber energi sudah mencukupi, PLN tinggal menyambungkan jaringan saja,” tukasnya.

 

cakaplah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares