Scroll to Top

Dugaan kuat suap KPPS, Polresta akan naikkan ke tahap penyidikan

By Redaksi Sijoripost / Published on Selasa, 16 Jul 2019 22:56 PM / No Comments / 151 views

Pekanbaru, Sijoripost.com – Polresta Pekanbaru saat ini tengah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) guna mengetahui SK milik Is yang merupakan Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang diduga menerima suap dari anggota DPRD Riau berinisial NJ.

“Sebelumnya Rabu pekan lalu, Is sudah datang ke Polresta Pekanbaru namun tidak membawa SK miliknya, sehingga kita jadwalkan pemeriksaan Jum’at setelahnya. Namun yang bersangkutan tidak memenuhi undangan pemeriksaan,” Ungkap Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, AKP Awaluddin Syam, Selasa (16/07/19).

“Untuk itu saat ini kita tengah berkoordinasi dengan KPU untuk mengetahui SK miliknya dan meningkatkan ke tahap penyidikan,” tambahnya lagi.

Lanjutnya, SK tersebut merupakan dokumen penting agar petugas dapat meningkatkan ke tahap penyidikan. Sementara, dalam kasus ini baik penerima maupun pemberi dapat dijerat dengan pidana korupsi. “Ini kan menggunakan Undang-undang pidana korupsi, gratifikasi. Baik pemberi dan penerima merupakan tersangka pidana. Dan itu prosesnya harus gelar di Polda Riau,” katanya.

Hingga saat ini jelas Awal, pihaknya telah memeriksa empat saksi dalam perkara ini. Namun, dua saksi lainnya hingga kini belum pernah datang memenuhi panggilan pemeriksaan. Mereka adalah orang yang diduga memberikan uang suap tersebut

“Tidak hadir, tidak masalah. Tidak menjadi hambatan dalam penyelidikan. Nanti bisa kita panggil paksa kalau sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan,” terangnya

Kasus dugaan suap melibatkan legislator terpilih, NJ terjadi saat proses pemungutan suara pada pemilihan umum April 2019 lalu. Saat itu, NJ yang merupakan calon petahana kembali bertarung di pemilihan legislatif dan berhasil duduk kembali. Sementara Ismerupakan Ketua KPPS Kelurahan Pesisir Kecamatan Lima Puluh.

 

riauterkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares