Scroll to Top

Evaluasi Pelaksanaan Tugas, Kanwil Kemenkumham Riau Gelar Rakernis Pemasyarakatan

By Redaksi Sijoripost / Published on Rabu, 14 Feb 2018 17:25 PM / No Comments / 114 views
Foto bersama

Pekanbaru, Sijoripost.com – Di awal tahun 2018 ini, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau mengumpulkan para kepala satuan kerja pemasyarakatan se Riau. Seluruh kepala lembaga pemasyarakatan, rumah tahanan negara, cabang rumah tahanan negara, balai pemasyarakatan dan rupbasan tersebut berkumpul di Rupbasan Kelas I Pekanbaru, Rabu (14/2) untuk mengikuti rapat kerja teknis pemasyarakatan. Rapat kerja teknis ini diadakan dalam rangka melakukan evaluasi atas apa yang telah dilakukan pada tahun 2017. Rakernis ini juga dimaksudkan sebagai konsolidasi untuk menuntaskan program kerja di tahun 2018 dan membangun sinergi pemasyarakatan Riau untuk layanan dan keamanan serta SDM yang unggul.

Saat membuka rakernis, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Dewa Putu Gede menyinggung beberapa hal terkait pelayanan kepada warga binaan pemasyarakatan di lapas/rutan. Antara lain Kakanwil menyoroti soal pelayanan makanan kepada WBP. Kakanwil ingin agar pemberian makanan kepada WBP benar-benar dilakukan secara manusiawi dan jangan sampai melanggar HAM. Pemberian makanan kepada WBP dengan cara disorong dari bawah pintu tidak luput dari perhatian Kakanwil. Kakanwil meminta hal tersebut tidak dilakukan karena memberikan kesan yang tidak baik. Penggunaan peralatan makan dengan ember plastik juga menjadi perhatian Kakanwil sebab menurut Kakanwil penggunaan ember plastik yang identik sebagai tempat kain cucian kurang memberikan kesan yang baik.

“Hal-hal tersebut harus dihindari jangan sampai menimbulkan kesan seperti menganggap sepele atau melecehkan WBP” ujar Kakanwil. Lebih lanjut Kakanwil mengingatkan para kepala lapas dan rutan untuk tidak mengijinkan WBP kasus narkoba bekerja di dapur karena rawan disalahgunakan untuk melarikan diri.

Kakanwil juga minta perhatian seluruh kasatker untuk menyukseskan 10 program prioritas pemasyarakatan pada tahun 2018 ini. Sepuluh program prioritas yang telah ditetapkan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau tahun 2018 meliputi pengusulan 2 UPT untuk wilayah bebas korupsi, pengusulan satker Lapas Narkotika Rumbai, lapas narkotika siap operasi, relokasi Lembaga Pembinaan Khusus Anak, kemandirian kantor dan ruang kerja Lembaga Pemasyarakatan Pekanbaru, pembinaan berkelanjutan CPNS pemasyarakatan, layanan kunjungan berbasis TI untuk 5 UPT, dukungan TI dalam pengelolaan basan/baran, penguatan pidana restoratif bagi anak pidana dan pengembangan kegiatan produktif pada lapas terbuka sebagai sentra produksi.

Sementara itu Kadiv Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Lilik Sujandi kepada peserta rakernis mengatakan guna mencegah peredaran narkoba di lapas/rutan, tahun 2018 ini Divisi Pemasyarakatan akan melakukan langkah terobosan sehingga petugas pemasyarakatan semakin meningkat kemampuannya untuk melakukan pencegahan peredaran narkoba di lapas/rutan.

Setelah hari ini dibuka oleh Kakanwil, rakernis akan berlangsung hingga besok 15 Februari dengan penyampaian materi oleh beberapa narasumber. Dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru akan memberikan materi mengenai kesehatan. Sementara di hari terakhir dijadwalkan Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengeloaan Benda Sitaan Negara dan Barang Rampasan Negara juga akan memberikan materi kepada seluruh seluruh peserta.(rls/eck)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares