Scroll to Top

Fahmi Usman: Kabupaten Pelalawan miliki destinasi wisata yang unggul

By Redaksi Sijoripost / Published on Rabu, 05 Sep 2018 15:16 PM / No Comments / 44 views
Lokasi Wisata Danau Betung Kabupaten Pelalawan (foto Net)

Pelalawan, Sijoripost.com – Tekad menjadikan pelalawan sebagai lokasi wisata unggulan di Provinsi Riau bukan hanya sekedar hisapan jembol belaka. melalui program pelalawan eksotis yang memperkenalkan pariwisata Pelalawan ke tingkat dunia,Pemkab Pelalawan sedang giat melakukan pengembangan di beberapa destinasi wisata lokal.

Melalui pengembangan tersebut diharapkan adanya pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia, mengoptimalkan sumber daya ekonomi serta meningkatkan daya saing daerah menuju peningkatan daya saing nasional.

Selain itu dengan membangun sarana dan prasarana dilokasi wisata akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kab.Pelalawan

Pemkab. Pelalawan telah merilis 8 objek wisata unggulan yang akan mengangkat perekonomian rakyat serta pendapatan untuk kas daerah yaitu:

Keajaiban gelombang Bono, Ombak yang dikenal dengan ombak tujuh hantu menjadi tujuan wisata andalan Provinsi Riau. Bagi para peselancar Ombak Bono lebih dikenal sebagai Bono Wave.

 

Ombak Bono dengan gelombang yang dahsyat dapat disaksikan pada bulan November dan Desember mendatang.

Pesona Danau Tajwid, Sebagai nilai tambah bagi Eksotisme gelombang Bono, Para wisatawan akan dimanjakan pula dengan kemolekan alami Danau Kajuid atau Tajwid yang terletak di Kecamtan Langgam Kab. Pelalawan.

Keindahan Danau Kajuid diyakini mampu menghilangkan berbagai kepenatan ketika menyaksikan keasrian Danau Kajuid. Danau ini sangat layak untuk menjadi persinggahan menarik di Pelalawan.

Disini kita juga dapat melihat aktifikas masyarakat nelayan di rumah rakitnya yang berfungsi sebagai tempat pengumpulan ikan dan tempat pengelolaan ikan salai. Danau ini merupakan aset desa yang setiap tahunnya dilelang pada kelompok nelayan, dimana dana diperoleh dari hasil lelang tersebut dimanfaatkan untuk pembangunan desa. Namun demikian masyarakat masih memungkinkan untuk memancing di danau ini setelah mendapat izin dari masyrakat pemegang hak guna danau ini.

saat ini Danau Kajuid sedang mengalami pengembangan sarana prasarana wisata air dan hiburan lainnya.

Eksotisme Danau Wisata Betung, Danau yang memiliki hamparan indah dan menyejukkan mata terdapat rumah adat Melayu Petalangan yang menjadi saksi bisu berdirinya Kabupaten Pelalawan.

Objek wisata ini terletak di Desa Betung Kecamatan Pangkalan Kuras-Pelalawan.Pesona indahnya danau ini tentu akan membuat kita rileks dan tenang, apalagi jika kita dapat merasakan segarnya air danau, memancing atau bermain perahu mengelilingi danau.

Eksotisme Taman Nasional Tesso Nilo, Terdapat 360 jenis flora yang tergolong dalam 165 marga dan 57 suku, 107 jenis burung, 23 jenis mamalia, tiga jenis primata, 50 jenis ikan, 15 jenis reptilia dan 18 jenis amfibia di setiap hektare Taman Nasional Tesso Nilo. Tesso Nillo juga adalah salah satu sisa hutan dataran rendah yang menjadi tempat tinggal 60-80 ekor gajah dan merupakan kawasan konservasi gajah.

Taman Tesso Nilo sangat menantang bagi para petualangan alam.

Disini juga ditawarkan berbagai macam wahana keluarga seperti :

Elephant care.
Pada kegiatan ini pengunjung bisa ikut memberi makan pada gajah, meliat ketrampilan atau atraksi gajah dan memandikan gajah.

Safari gajah
Safari ini diperuntuhkan bagi pengunjung dan anak – anak diatas 5 tahun. Disini pengunjung bisa naik gajah disekitar camp flying squad, waktu safari ini adalah 30 menit.

Sialang ecotour
Disini pengunjung dapat melihat pohon sialang dan sarang lebah madu juga dapat meliat proses pengemasan madu hutan, tapi pengunjung tidak dapat melihat proses panen madunya.

Susur sungai Nilo
Pengunjung dapat menikmati sunai nilo dengan menggunakan pemompong. Susur sungai nilo dapat dilakukan dalam waktu 1 – 3 jam sesuai jarak yang ditempuh.

Bersepada (Paddle tour)
Kegiatan ini diperuntuhkan bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan Taman Nasional Tesso Nilo di track tesso nilo dengan menggunakan sepeda. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan guide, tetapi disini tidak menyediakan sepeda.

Ada kegiatan tambahan juga disini yaitu tarian tradional adat melayu dan pencak silat.

Istana Sayap Pelalawan, Wisata Sejarah satu ini, Pemerintah Daerah setempat mengharapkan tempat ini ramai dikunjungi wisatawan.disini kita bisa melihat gedung gedung bersejarah bekas kerajaan Pelalawan seperti Istana sayap, Makam Jauh, Mesjid hibah yang dibangun pada tahun 1936 dimasa pemeritntahan Pangeran Marhum Tengku Budiman, Meriam peninggalan kerajaan, Pesanggrahan Panglima Kudin, Kediaman Tengku Said Harun yang merupakan raja terakhir kerajaan Pelalawan dan Kediaman Tengku Said Oesman.

Taman Publik Kreatif, Taman Publik Kreatif berada di depan kantor bupati Kabupaten Pelalawan. Taman ini diperuntukkan sebagai Ruang Terbuka Hiijau. Di Taman ini terdapat bangunan Gazebo dan taman bunga

Eksotisme Suaka Margasatwa Sungai Kerumutan,Tanpa banyak yang tahu bahwa dia telah diexplore dan diexpose oleh salah satu televisi swasta nasional. Tanpa banyak yang tahu bahwa dia memiliki kearifan lokal yang sampai sekarang tetap terjaga. Tanpa banyak yang tau dia memiliki fauna yang khas. Seperti namanya Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan berada di Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan. Untuk mencapai Suaka Marga Satwa ini menggunakan jalur air dengan menyusuri Sungai Kerumutan.

 

Eksotisme Pantai Ogis, pantai ini dinamai Ogis, terletak di Kelurahan Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau. Hamparan pasir putih ini merupakan bagian Semenanjung Kampar di sungai itu dan bermuara ke sebuah teluk hingga ke Selat Malaka.

Pantai ini menjadi buruan pelancong dari berbagai daerah, baik untuk menikmati terbit ataupun terbenamnya matahari. Mata kian dimanjakan dengan hamparan lebat tropis yang sangat luas di kedua sisi sungai tersebut.

Pendapat Kadispareakraf Riau terhadap Pariwisata Pelalawan

Bukan itu saja, menurut Fahmizal Usman selaku Kadisparekraf Riau di Pelalawan masih banyak lokasi lokasi unik dan menarik yang berpotensi menjadi objek wisata.

Kepada Sijoripost.com Fahmi Usman mengungkapan bahwa Tugu Equator yang berada di Sorek merupakan titik destinasi wisata yang bagus, ungkap Bang Fahmi, Kalau dilihat dari posisinya yang berada di jalan Rengat-Pelalawan-Pekanbaru bisa membuat Tugu Equator sebagai destinasi wisata yang unggul.

Kadisparekraf Riau memuji pemerintahan Kabupaten Pelalawan yang sedang mengembangkan lokasi wisata Danau Kajuid.

“Danau Kajuid sangat bagus, apalagi Pemkab. Pelalawan sekarang sedang giatnya membangun wahana permainan disekitar Danau Kajuid,dibangun flying fox wahana permainan lain yang bisa dinikmati yakni flying fish di tengah danau Pemda pelalawan juga sudah menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan wisata itu dengan membangun beberapa Gazebo, kamar mandi serta tempat santai di tepi danau, Kedepan akan ditambah sesuai kebutuhan nantinya akan menjadi tempat pelestarian alam dan ikan, Tempat pendidikan olahraga dan permainan. sutra akan dibangun tempat penginapan saya memberikan nilai tambah ekonomi berbagai potensi Danau kajuit kerusakan digali seperti potensi kerajinan seni budaya lokal dan adat istiadatnya menjadi nilai tambah lain bagi masyarakat tempatan pungkasnya tentunya ini akan membangun perekonomian masyrakat disekitar danau kedepannya”, puji Fahmi

Selain itu Fahmi juga menyoroti perkembangan dari Taman Nasional Tesso Nilo.

“Tesso Nilo inikan merupakan destiansi wisata alam, bagi yang suka berpetualang di alam, TNTN ini rekomended sekali, jadi kedepan saya menganjurkan Pemkab. Pelalawan mau bekerjasama dengan Kementrian Kehutanan untuk mempromosikan TNTN ke wisatawan mancanegara”, tutupnya(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares