Scroll to Top

Festival layang layang 2019 di Sungai Jering resmi di buka Wakil Bupati Kampar

By Redaksi Sijoripost / Published on Minggu, 12 Agu 2018 21:57 PM / No Comments / 71 views

Kampar, Sijoripost.com – Pemukulan gong oleh Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menandai pembukaan Festival Teluk Jering 2018, Ahad (12/8/2018) di Objek Wisata Pantai Cinta, Teluk Jering, Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.

Turut hadir pada pembukaan ini Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Provinsi Riau Fahmi Faizar Usman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Zulia Dharma, anggota DPD RI H Gafar Usman, Hadir pada kesempatan tersebut, Asisten III Setdakab Kampar Hj Nurhasani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Cokroaminoto, Kepala Dinas Perkebunan dan Kesehatan Hewan H Bustan, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kampar Erizon, Kepala Kantor Satpol PP Kampar Hambali, forkopimda Kampar, tokoh agama, ninik mamak dan undangan lainnya.

Festival dengan tema “Party in The Bay” tersebut menggelar berbagai kegiatan diantaranya pacu sampan, festival layang-layang, panggung seni dan bailiu benan di lokasi pinggir Sungai Kampar yang layaknya seperti pinggir laut dengan pasir pantai yang putih.

“Mari kita kembangkan pariwisata yang punya multi player effect yang sangat luar biasa ini,” ujar Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dalam sambutannya.

Ia menyampaikan apresiasi Pemkab Kampar kepada masyarakat yang telah menjaga dan merawat keindahan tempat ini sehingga tempat ini menjadi destinasi yang digandrungi masyarakat Riau dan Indonesia dan dunia.

“Ini kreatifitas yang luar biasa masyarakat Teluk Jering, pemerintah tentunya berterima kasih, dan bentuk dukungan nyata kita telah bangun jalan menuju lokasi ini,” kata Catur yang sukses melelang lukisan dengan tema Semarak Pesta Teluk Jering dengan harga Rp 5 juta dan mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Teluk Jering.

Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Fahmi Faizar Usman dalam arahannya juga menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Kegiatan pariwisata diharapkan mampu menjadi penggerak ekonomi. Ia mengajak masyarakat menjaga alam yang dititipkan Tuhan.

Dalam kesempatan ini ia mengungkapkan, pada tahun ketiga Anugerah Pesona Indonesia (API), objek wisata di Kampar masuk nominasi diantaranya adalah Wisata Baru Terpopuler Teluk Jering, Surga Tersembunyi yaitu Air Terjun Batang Kapas di Desa Lubuk Bigau Kecamatan Kampar Kiri Hulu. “Mari kita dukung agar objek wisata kita dapat juara. Ketik API 17i dan API 18a kirim ke 1717,” terang Fahmi.

Sementara itu Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Zulia Dharma, dengan adanya kegiatan ini mampu mengangkat dan mengenalkan destinasi wisata Kampar. Sehingga ini akan mengangkat ekonomi karakyatan di Desa Teluk Kenidai dan Kabupaten Kampar umumnya.

Ia mengajak masyarakat melestarikan objek wisata dengan menerapkan sapta pesona pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Sebagaimana yang selalu diimbau dan disampaikan oleh Bupati Kampar agar masyarakat selalu menggali dan mengembangkan potensi wisata yang ada baik wisata alam, budaya, kuliner dan wisata religi. Sebab ekonomi kedepan lahir dari pariwisata,” terang Zulia Dharma.

Sementara itu Ketua Panitia Festival Teluk Jering 2018 Husni Mubarak dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini akan dijadikan iven rutin setiap tahun dan masukkan dalam kalender tahunan.

“Daerah yang kini menjadi objek wisata dulunya kampung kampung yang sangat tertinggal, terpencil dan miskin. Dengan di bukanya berbagai lokasi ini masyarakat kami mulai sejahtera, ini berkat kerja sama yang baik antar instansi pemerintah dengan masyarakat,” beber Husni Mubarak.

riauterkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares