Scroll to Top

Firdaus terima Anugerah Pesona Indonesia 2017 Pasar Bawah jadi objek wisata terpopuler

By Fitri Laurencia / Published on Senin, 27 Nov 2017 10:47 AM / No Comments / 26 views

Pekanbaru, Sijoripost.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di bawah kepemimpinan DR H Firdaus ST MT terus meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional. Setelah menerima anugerah Ki Hajar 2017, orang nomor satu di Pekanbaru itu kembali menerima Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 dari Kementrian Pariwisata Indonesia dalam kategori objek wisata belanja terpopuler yakni Pasar Bawah.

Anugerah tersebut diserahkan langung Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Uus Kuswara kepada Wali Kota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT di salah satu studio TV Nasional, di Jakarta, Sabtu malam (25/11) lalu.

Terpilih Pasar Bawah menjadi objek wisata belanja terpopuler setelah mengalahkan Pasar Ateh di Kota Bukit Tinggi dan Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin di Kabupaten Sidoarjo, melalui voting yang dilaksanakan sejak tanggal 1 Juni hingga 31 Oktober 2017 lalu.

Dalam sambutannya, Sekretaris Kemenpar, Uus Kuswara menyampaikan, Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Selain itu juga bertujuan mendorong peranan serta berbagai pihak terutama Pemerintah Derah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing.

“Kegiatan diharapkan menjadi konfidensial sehingga dapat menciptakan pengakuan dari seluruh lapisan masyarakat terhadap sektor pariwisata,” ujar Uus.

Dengan ada anugerah ini, Uus meminta seluruh daerah di Indonesia untuk dapat menggali serta mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah masing-masing. “Kita berharap pemerintah daerah dapat mengembang wisata di derahnya,” ungkap Sekretaris Kemenpar RI.

Sementara itu Wali Kota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT mengatakan, anugerah ini akan menjadi motivasi bagi Pemko Pekanbaru dalam mengembangkan pariwisata di Kota Bertuah. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan penataan-penataan di Pasar Bawah untuk menarik kunjungan masyarakat maupun wisatawan.

“Pasar bawah, Kita saat ini sedang menata kawasan itu. Untuk penataan lebih lengkapnya, sekalian dengan situs Masjid Raya sampai tepian Sungai Siak. Ini baru tahapan-tahapan yang kita lakukan,” sebut Firdaus.

Lebih lanjut ke depan kata dia, pihaknya tengah mempersiapkan panggung budaya di Pasar Bawah. Ini karena lokasi itu juga berdekatan dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tunjuk Ajar serta kediaman Wali Kota Pekanbaru dan objek wisata lainnya.

“Kita akan kombinasikan pertunjukan segi budaya. Kita sedang bangun panggungnya. Kita harapkan Pekanbaru yang masyarakatnya heterogen dengan miniatur Indonesia. Maka panggung budaya itu akan kita jadikan untuk meramaikan kawasan tersebut. Insya Allah ke depan kita upayakan lebih baik lagi. Sehingga orang yang kesana tidak hanya mengenal wisata berbelanja saja. Tapi juga mengenal wisata kebudayaan,” pungkas Firdaus.

riaupos.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares