Scroll to Top

Gedung daerah termegah di Riau diresmikan

By Fitri Laurencia / Published on Jumat, 26 Jan 2018 15:19 PM / No Comments / 76 views
Pengurus DPC Apdesi Siak dikantik ketua DPD Apdesi Riau, Mahroni, di dalam gedung daerah SSK II Siak, Rabu (24/1/2018).

Siak, Sijoripost.com – Gedung Daerah Sultan Syarief Kasim (SSK) II Siak diresmikan, Rabu (24/1/2018) siang. Ribuan orang hadir pada peresmian gedung daerah termegah di Riau tersebut.

Peresmian gedung tersebut bersamaan dengan pelantikan pengurus DPC Asosiasi Kepala Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Siak. Sehingga seluruh kepala desa dan pengurus Apdesi se Riau hadir dalam kegiatan tersebut.

Gedung tersebut diresmikan bupati Siak Syamsuar. Informasinya, setelah peresmian, gedung tersebut sudah bisa disewa oleh seluruh pihak. Gedung tersebut dibangun untuk mengakomodir beragam kegiatan yang membutuhkan gedung yang representatif.

Konser indoor juga bisa digelar di dalam gedung tersebut. Termasuk seminar nasional dan internasional, musyawarah besar atau kongres.

Gedung tersebut bisa menampung 3.000 lebih tamu. Dilengkapi oleh pendingin ruangan dan soundsystem. Megahnya, gedung itu juga dipenuhi lampu beam yang menyorot dinding dan langit-langit gedung. Hanya saja, di dalam ruangan masih terasa sangat gerah.

Gedung serba fungsi itu berjarak kurang lebih 1 Km dari kantor nupati Siak. Namun, akses dari kantor bupati Siak ke gedung tersebut masih belum lancar. Jalan di pinggiran sungai masih belum diaspal.

Gedung itu seluas 1600 m2 dan tinggi 20 meter itu dibangun berbentuk combol. Model ini bagian dari Tepak Sirih, merupakan salah satu ornamen Melayu dalam menyambut tamu.

Sedangkan sisi atapnya berbentuk dom atau kubah yang dihiasi bando pelangi. Pelangi itu direkayasa menggunakan lampu dari listrik yang warnanya berganti setiap saat.

Pembangunan gedung itu digesa selama 3 tahap. Dimulai sejak 2014, 2015 dan tahap ketiga pada 2016.

Untuk menyelesaikan pembangunan gedung itu, Pemkab Siak harus menggelontorkan anggaran sebanyak Rp 140 miliar lebih. Tender pembangunan gedung itu selama 3 tahap selalu dimenangkan PT Hutama Karya.

Ia menjelaskan, untuk tahap awal Pemkab Siak menganggarkan Rp 57 miliar. Tahap kedua sebesar Rp 37 miliar dan tahap ketiga dianggarkan sebesar Rp 45 miliar.

Kepala Dinas PU Tarukim Siak Irving Kahar menjelaskan, gedung itu dibangun dalam rangka menghadirkan gedung yang representatif di Siak. Sekaligus memancing kreatifitas masyarakat Siak.

tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares