Scroll to Top

Gelombang Mencapai 2 Meter, KSOP Dumai Keluarkan Edaran

By Redaksi Sijoripost / Published on Jumat, 10 Jan 2020 10:37 AM / No Comments / 46 views
Kepala KSOP Dumai melalui Kasi Keselamatan Berlayar, Yuzirwan Nasution

Dumai, Sijoripost.com – Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas I Dumai mengeluarkan surat edaran kepada operator dan perusahaan pelayaran terkait cuaca buruk dengan gelombang mencapai 1 s/d 2 meter.

Kepala KSOP Dumai melalui Kasi Keselamatan Berlayar, Yuzirwan Nasution menjelaskan sehubungan dengan antisipasi gelombang pasang dapat yang terjadi setiap waktu di perairan Indonesia, dan cuaca yang berubah-ubah.

KSOP mengingatkan pada perusahaan pelayaran dan operator kapal dan keagenan dalam mengoperasikan kapal untuk lebih menekankan dan mengutamakan unsur
keselamatan pelayaran dan senantiasa memantau perubahan cuaca.

Katanya lagi, agar senantiasa memonitor berita cuaca dari BMKG dan meminta para operator kapal agar mengantisipasi hal tersebut dalam rangka keselamatan berlayar dan tidak memaksakan diri untuk berlayar dalam kondisi cuaca buruk dan bergelombang pasang tinggi dan jarak pandang sangat terbatas.

Untuk kapal yang sedang berlayar, dia menambahkan agar mencari perlindungan ketempat yang aman untuk menghindari cuaca buruk.

Apabila kapal yang akan berangkat dan terdapat cuaca buruk agar menunda keberangkatannya. Untuk operator dan nakhoda kapal penumpang kecepatan tinggi dalam
mengoperasikan kapalnya harus benar-benar diawaki dengan cukup jumlah penumpang yang diizinkan serta barang tidak melebihi kapasitas yang diijinkan.

“Kita telah menyampaikan edaran kepada pelaku usaha untuk lebih memperhatikan keselamatan pelayaran, mengingat kondisi cuaca berubah-ubah,” katanya menjelaskan, Kamis (09/1)

 

 

Dumaipos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares