Scroll to Top

Hampir seribu orang warga Rohul terkena ISPA

By Redaksi Sijoripost / Published on Rabu, 14 Agu 2019 20:01 PM / No Comments / 97 views
Rokan Hulu, Sijoripost.com – Dinas kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, mencatat terdapat 814 warga Rohul yang terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).  Diskes Rohul mengatakan kasus ISPA tertinggi umumnya terjadi di daerah yang berbatasan langsung dengan daerah yang terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Dinas Kesehatan Rohul dr. Bambang Triono, Rabu (14/8/2019) kepada cakaplah.com mengatakan, selain ISPA Diskes Rohul juga mencatat, terdapat 45 kasus Iritasi Mata, 26 kasus Asma, 6 kasus Pneumonia dan 57 kasus iritasi kulit.

Kecamatan Kabun, yang geografisnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Kampar, menjadi kecamatan dengan jumlah penderita ISPA tertinggi dari 16 kecamatan yang ada di Rohul.  Dari data Puskesmas Kabun, oenderita ISPA di daerah tersebut sudah mencapai 126 kasus.

“Pihak puskesmas Kabun juga sudah meminta bantuan masker dari Dinas Kesehatan Rohul untuk mencegah bertambahnya penderitaan ISPA di sana,” jelas Bambang.

Selain Kabun, Kecamatan Rambah Samo dan Rambah Hilir juga menjadi daerah dengan penderita ISPA terbesar. Dimana di Rambah Samo jumlah warga terserang ISPA 97 kasus dan Rambah Hilir 96 kasus.

Sementara itu, Plh BPBD Rohul Afrizal menyatakan, secara umum Kabupaten Rohul memang mulai diselimuti kabut asap tipis. Namun ia menegaskan,  kabut asap tersebut merupakan kiriman daerah lain dan bukan berasal dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Rohul.

“Dari pemantauan kita, Rohul saat ini masih berstatus zero hotspot” Cakapnya.

Hingga kini lanjut Afrizal, BPBD bersama Tim TNI/Polri juga terus melakukan patroli guna mencegah terjadi Karhutla di wilayah Rohul, serta terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar bersinergi bersama-sama menjaga alam dan mencegah terjadinya Karlahut.

Berikut data lengkap jumlah oenderita ISPA yang dirangkum 21 Puskesmas di 16 kecamatan di Rohul:

1. Kecamatan Rambah: 46 kasus ISPA,2. Kecamatan Rambah Hilir: 96 kasus ISPA
3. Rambah Samo : 97 kasus ISPA
4. Bangun Purba: 45 kasus ISPA
5.Tambusai: 25 kasus ISPA
6. Tambusai Utara: 65 kasus ISPA
7. Kepenuhan Hulu:  25 Kasus ISPA
8. Kepenuhan: 9 kasus ISPA
9. Bonai Darussalam : 25 kasus ISPA
10. Ujung batu: 68 kasus ISPA
11.Pagaran Tapah: 39 kasus ISPA
12.Kunto Darussalam: 50 kasus ISPA
13.Rokan IV Koto: 45 kasus ISPA
14.Tandun : 34 kasus ISPA
15. Kabun: 126 kasus ISPA
16. Pendalian IV koto: 29 kasus ISPA .

Cakaplah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares