Scroll to Top

Harga Ayam Potong di Pekanbaru Tembus Rp27.000 per Kilogram

By Redaksi Sijoripost / Published on Senin, 03 Jun 2019 20:18 PM / No Comments / 89 views
ilustrasi (google)

Pekanbaru, Sijoripost.com – Memasuki H-2 lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah harga daging ayam potong atau ras terus mengalami kenaikan hingga menembus Rp27.000 per kilogram di beberapa pasar tradisional Pekanbaru.

Angka tersebut masih sama dengan kemarin, namun kemungkinan harga tersebut akan kembali naik. ” Sudah 2 hari ini Rp26.000 per kilogram, berlaku untuk ayam dengan berat 3 kilogram keatas. kalau dibawah itu, Rp27.000 per kilonya. Mnungkin besok bisa naik lagi menjadi Rp28.000, ” kata Rozi (35) pedagang ayam di Pasar Kodim pada Senin (3/5) kepada Haluan Riau.

Rozi menjelaskan saat normal harga daging ayam dipasarkan Rp22.000 – 24.000 per kilogram. Menurutnya, kenaikan harga daging ayam tersebut dipicu naiknya modal pembelian dari sumbernya. Hal tersebut ditambah permintaan yang juga meningkat jelang lebaran.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pekanbaru, Ingot Achmad Hutasuhut membenarkan kenaikan harga ayam potong lumrah terjadi saat menjelang perayaan hari besar keagamaan. Serta bahan pokok yang memang meningkat permintaannya saat momen perayaan hari besar keagamaan.

“Kebutuhan daging ayam meningkat, jadi berlaku hukum pasar,” ujar Ingot.

Menurut mantan Kepala Dinas UMKM ini, jelang Idul Fitri beberapa komoditi kebutuhan pokok naik, seperti daging ayam, daging sapi, cabai keriting. Sedangkan lainnya relatif stabil, Untuk itu ia memghimbau masyarakat tidak usah panik, karena stok tersedia cukup, dan kenaikan itu hanya temporer dipicu momen perayaan.

haluanriau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares