Scroll to Top

Ini dia 7 pantai yang sangat unik di Indonesia, ada yang tahu?

By Redaksi Sijoripost / Published on Sabtu, 14 Apr 2018 10:22 AM / No Comments / 30 views

Sebagai negara kepulauan, Indonesia begitu kaya dengan objek wisata pantai. Dari Sabang di ujung barat hingga Merauke di posisi ujung timur, bentangan pantai Indonesia tidak terhitung panjangnya. Baik pasir putih dan hitam menghiasi sepanjang tepi daratan.

Namun ada satu lagi yang menarik dari pantai-pantai di Indonesia. Beberapa di antaranya sungguh unik, lho. Yang membuat unik bermacam-macam, mulai dari warna, bentuk, hingga ‘harta karun’ dalam dasar lautnya. Penasaran? Simak artikel berikut, dijamin bikin kamu ingin mengunjunginya sesegera mungkin!

1. Karang Sanur, Bali

7 Pantai Paling Unik di Indonesia yang Punya Panorama Bak Surgainstagram.com/asrul_ashadi

Pantai unik yang pertama merupakan Pantai Karang Sanur Bali. Dianggap unik karena bentuk pantai seperti angka 9. Jika kamu berkunjung ke Bali khususnya Kota Denpasar, coba deh nikmati suasana Pantai Karang Sanur ini. Pantai ini menyuguhkan keindahan laut yang dihiasi oleh pasir putih menghampar dengan air laut yang tenang.

Pantai ini ombaknya tergolong kecil, oleh karena itu cocok untuk liburan keluarga karena ombak lautnya sangat ramah dengan anak-anak. Di pantai ini panorama matahari tenggelam juga luar biasa indahnya.

2. Gili Meno, Lombok

7 Pantai Paling Unik di Indonesia yang Punya Panorama Bak Surgainstagram.com/elinjnilsson

Destinasi kedua ini unik sekali karena di dasar laut terdapat patung arca 48 orang yang melingkar. Wah, keren ya! Perairan Gili Meno juga memiliki keunikan lagi yaitu adanya Gili Meno Wall, titik di mana penyu-penyu biasa berenang di pagi hingga sore hari. Gili Meno sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang menyukai olahraga air seperti diving. 

Gili Meno memang tak jauh dari Gili Trawangan. Namun di Gili Meno ini wisatawannya masih tergolong sedikit. Jadi cocok untuk kamu yang menginginkan ketenangan.

 

3. Pantai Ngurtafur, Maluku Tenggara

7 Pantai Paling Unik di Indonesia yang Punya Panorama Bak Surgainstagram.com/hafiedzuk23

Keunikan dari Pantai Ngurtafur adalah pantai ini miliki pasir timbul yang memanjang ke tengah laut. Jadinya seperti membelah laut. Bahkan kerennya lagi, pengunjung bisa jalan-jalan di pasir pantai itu kira-kira 2 kilometer!

Fenomana pasir timbul itu terjadi saat air surut. Pasir timbul yang diapit laut ini dikenal sebagai Pulau Gosong.  Berkat keunikan itu, tidak sedikit traveler yang datang dan berjalan di atas pasir timbul hingga ke tengah laut. Sejauh mata memandang, panorama yang tampak adalah pasir putih serta laut kehijau-biruan yang jernih. Tentu merupakan pengalaman yang luar biasa.

4. Gusung Sanggalau, Derawan – Kalimantan Timur

7 Pantai Paling Unik di Indonesia yang Punya Panorama Bak Surgainstagram.com/candratk

Pantai unik yang satu ini terletak di Pulau Kalimantan, tepatnya di ujung timur. Pulau Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur ini akan memanjakan pengunjung dengan wisata bahari yang unik, dengan keberadaan biota laut yang masih amat terjaga. Bayangkan, di pulau ini pengunjung dapat bertemu dengan kepiting kelapa, ikan paus, lumba-lumba dan duyung.

Terdapat tempat yang unik pula yang menjadi bagian dari Pantai Derawan, yaitu Gusung Sanggalau: Sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh pasir putih bersih dan air berwarna hijau toska.

5. Pantai Glagah, Jogja

7 Pantai Paling Unik di Indonesia yang Punya Panorama Bak Surgainstagram.com/addienesia

Pantai Glagah merupakan pantai paling terkenal di Kulon Progo. Pantai ini dikatakan unik karena memiliki laguna dan pemecah ombaknya yang tak ditemukan di pantai lain di Jogja. Berbentuk tetrapod, pemecah ombak yang berada di sisi kanan dan kiri dermaga tampak siap menghadapi ganasnya ombak Samudera Indonesia.

Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Jogja, dapat ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan darat. Tertarik untuk mengunjungi pantai unik ini?

 

6. Pulau Sembilan, NTT

7 Pantai Paling Unik di Indonesia yang Punya Panorama Bak Surgainstagram.com/paramiswari

Kali ini merupakan Pulau Sembilan yang terletak di Nusa Tenggara Tumur. Sesuai namanya, pulau ini memang berbentuk seperti angka 9 (sembilan) yang keren layaknya angka sembilan dengan gaya font typewritting. 

Pulau ini terletak di sekitar Taman Nasional Komodo. Gundukan pasir yang membentuk angka sembilan ini terbentuk dari karang-karang mati. Wah, keren ya, karang bisa jadi pulau yang estetik. Tak lupa dengan bulat di tengah pulau sehingga benar-benar menyerupai angka 9!

7. Pantai Pink, Pulau Komodo

7 Pantai Paling Unik di Indonesia yang Punya Panorama Bak Surgainstagram.com/iwwm

Pantai unik yang terakhir merupakan Pantai Merah Muda atau “Pink Beach”. Sesuai namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna merah muda nan menyegarkan. Pantai Merah Muda terletak dalam Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Banyak orang menganggap pulau ini adalah keajaiban alam. Penasaran apa yang membuat warnanya jadi pink? Ternyata warna pink dari pantainya merupakan campuran dari warna pantai pasir putih yang bercampur dengan serpihan karang, cangkang kerang, serta kalsium karbonat dari invertebrata laut yang mini sekali, dan juga Foraminifera, Amuba Mikroskopis yang memiliki cangkang berwarna kemerah-merahan.

Itulah ke-7 pantai paling unik di Indonesia. Ketujuhnya merupakan destinasi traveling yang menarik karena panorama unik  yang bagaikan surga. Gimana, tertarik untuk ke sana?

travel

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares