Scroll to Top

Jasriadi Saracen jalani sidang perdana di PN Pekanbaru

By Redaksi Sijoripost / Published on Jumat, 29 Des 2017 10:27 AM / No Comments / 51 views
Jasriadi dalam persidangan di PN Pekanbaru.(foto tribunpekanbaru)

Pekanbaru, Sijoripost.comJasriadi, terdakwa dugaan kasus penyebar ujaran kebencian saracen menjalani sidang perdana di ruang sidang Prof R Soebekti Pengadilan Negeri Pekanbaru, Kamis (28/12/2018)

Sidang dipimpin Hakim Ketua Asep Koswara bersama hakim anggota Martin Ginting dan Yudisulen ini beragendakan pembacaan dakwaan.

Menariknya, dalam sidang perdana yang beragendakan pembacaan dakwan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntur Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, Sukatmini tidak menyinggung pasal ujaran kebencian.

Namun, terdakwa disangkakan melanggar hak akses pada media elektronik sesuai pasal 46 ayat (1) Jo pasal 30 ayat (1) Undang Undang RI Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Dengan demikian, dakwaan tersebut sekaligus mematahkan isu yang beredar selama ini tentang saracen memproduksi ujaran kebencian.

“Kalau dari dakwaan yang kita dengarkan tadi dari JPU itu banyak sekali hal-hal yang diluar dari konteks berita dan informasi yang tersebar bahwa produksi ujaran kebencian, penyebar fitnah, penyebar hoax. Kita dengarkan tadi dakwaanya sama-sama dakwaanya tidak ada sama sekali kearah sana. Kemudian juga kalau dibilang ilegal akses, hubungan antara Jasriadi dan Sri itu adalah teman. Kalau teman minta tolong dibukakan Facebooknya di blokir itukan bukan ilegal akses,” papar Kuasa Hukum terdakwa, Erwin dan Dede Gunawan kepada Tribunpekanbaru.com

Pihaknya juga akan mengajukan eksepsi atau keberatan pada sidang selanjutnya yang diagendakan tanggal 4 Januari 2018 mendatang.

Tribunpekanbaru
Tag:
loading...
|

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares