Scroll to Top

Kadis ESDM Riau: Ada 4 usaha galian C illegal di Kampar

By Redaksi Sijoripost / Published on Kamis, 21 Nov 2019 13:20 PM / No Comments / 92 views

Kampar, Sijoripost.com — Dikabupaten Kampar terdapat 4 buah usaha galian C yang beroperasi tanpa mengantongi izin alias ilegal. Usaha tersebut berada di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar.

Kadis Energi Sumber Daya Alam dan Mineral (ESDM) Provinsi Riau, Indra Agus Lukman, ketika di hubungi melalui pesan WA membenarkan aktifitas illegal tersebut, Selasa (19/11/2019).

”Kita tidak pernah mengeluarkan izin (untuk 4 Galian C itu). Kalau penertiban terkait lingkungan itu ada di kabupaten dengan aparat hukumnya difasilitasi oleh DLH kabupaten/kota masing-masing,” sebut Indra Agus Lukman seperti yang dikutip dari Riaupotenza.com.

Lebih jauh Indra menjelaskan, di Kampar ada 8 Galian C yang mengantongi izin. Kata dia, izin ke 8 Galian C itu sebentar lagi akan berakhir. Hanya saja, Indra tidak menyebut secara detil dimana lokasi ke 8 usaha Galian C yang dimaksud.

”Makanya langsung aja lapor ke tim terpadu di Kampar,” ucap Indra menyarankan.

Indra mengimbau para pengusaha yang ingin tetap melanjutkan usaha untuk segera mengurus izin. Dia juga mengingatkan para pengusaha, tanpa izin operasional Galian C dilarang.

Indra berjanji akan menindaklanjuti informasi banyaknya Galian C yang beroperasi di Kampar tanpa izin. ”Bila perlu akan kita datangkan Gakum LHK langsung ke lapangan,” ancam Indra.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kampar, Aliman Makmur mengimbau semua Galian C segera melengkapi izin.

Sebab, kata Aliman, Galian C yang tidak berizin merupakan tindakan pencurian sumber daya alam.

”Kan bentuk pencurian, pencurian sumber daya alam. Kalau pencurian kan ada penegak hukum yang menanganinya,” ujar Aliman, Rabu (20/11/2019).

Adapun 4 usaha Galian C yang dimaksud salah satunya berada di Desa Gunung Bungsu, 1 lagi berada di Desa Pongkai Istiqomah, sedangkan 2 usaha Galian C lainya berada di Desa Koto Tuo, Kecamatan XIII Koto Kampar.(spc1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares