Scroll to Top

Kali ini, Penampilan dara SMP N 20 Pekanbaru yang memukau panggung seni kreatif Riau

By Redaksi Sijoripost / Published on Minggu, 12 Agu 2018 22:39 PM / No Comments / 49 views
Penampilan kelompok Penari Cahaya dara Siswi SMP N 20 Pekanbaru.

Pekanbaru, Sijoripost.com – Penampilan dara Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negri 20 menganggumkan penonton yang hadir di acara Panggung Seni Kreatif yang ditaja oleh Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Sabtu,(11/8/18).

Penampilan kelompok tari Melayu Cahaya Pekanbaru ini selain menampilkan dara muda yang rupawan juga menampilkan tarian yang memukau bagi penonton.

Tarian yang mengusung tema ‘Dapu’ atau dapur memberi inspirasi bagi kawula muda untuk mengenal dunia dapur.

Guru Pendamping Sanggar Tari Cahaya Nanda menjelaskan, Sanggar Tari Cahaya merupakan kegiatan Eksul siswa dan siswi SMPN 20 yang berdiri sejak tahun 2012.

“Jadi, sudah berdiri sejak 6 tahun lalu ekskul tari dan sudah memiliki banyak alumni yang saat ini duduk di bangku kuliah juga sering melakukan diskusi,” terang Nanda.

Dijelaskannya, karya yang ditampilkan Sanggar Tari Cahaya dengan judul ‘Dapu’ merupakan karya yang pesan ada hal terkecil yakni dapur. Mengajarkan arti kebersamaan, misalnya masakan sayur bayam pakai garam.

“Jadi, pesan nilai-nilai saling melengkapi dan banyak pesan yang diajarkan dari dapur. Mungkin kecil tapi bisa lupa dan lewat seni tari ini hal positif dan menjadi pembelajaran,” papar Nanda.

Penampilan yang kurang dari 10 menit dari penari Cahaya memberi kesan hangat bagi para penonton yang hadir.

sementara diantara kerumunan penonton tampak Kasi Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Fero S.Sn, M.Sn menjelaskan pergelaran pentas seni kreatif yang ditaja Dispar Riau ini untuk mengembangkan karya-karya inovatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif. 

“Jadi, pentas seni kreatif ini wadah kreatifitas publik untuk meningkatkan produktifitas karya seni. Karya yang dibawakan merupakan karya apresiasi, karya pendamping biasanya dibawakan penampil dari sekolah. Kemudian dalam penampilan pentas Seni Kreatif ini seniman yang tampil harus membawakan salah satu karya mereka sendiri,” terang fero

Pangung Seni Kreatif Riau malam ini menampilkan tiga pertunjukan seni yaitu, Seni Etnic Music Tradisional yang dibawakan Group Ujung Sirih Community, Tari Melayu dengan tema ‘Dapu’ dan terakhir penampilan panas group band Zizi dari salah satu SMA di Pekanabru dengan segudang talenta.(spc1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares