Scroll to Top

Keren.. KRI Bima Suci Arungi 2 Benua dalam 100 Hari

By Redaksi Sijoripost / Published on Kamis, 09 Agu 2018 11:37 AM / No Comments / 45 views

Batam, Sijoripost.com – Kapal latih layar tiang tinggi milik TNI Angkatan Laut (TNI AL) KRI Bima Suci-945 beserta Satuan Latihan Kartika Jala Kridha (KJK) Taruna Akademi Angkatan Laut tingkat III Angkatan 65 telah bersandar di Pelabuhan Batuampar, Selasa (7/8) pagi. Batam merupakan kota pertama yang disinggahi setelah KRI Bima Suci membentangkan layar dari Surabaya, Kamis (2/8) lalu.

Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Batam Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan mengatakan, kapal dengan komandan Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji ini sedang dalam misi berlayar selama 100 hari menuju sejumlah negara di dua benua.

Adapun rute pelayaran itu dimulai dari, Surabaya, Batam, Zhanjiang (Tiongkok), Yeosu (Korea Selatan), Vladivostok (Rusia), Qingdao (China), Yokosuka (Jepang), Jeju (Korsel), Manila (Filipina), Bitung dan kembali lagi ke Surabaya. Sesuai jadwal, Bima Suci akan kembali ke Surabaya pada 9 November 2018 mendatang.

“Kapal ini membawa sebanyak 103 orang Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III angkatan 65 tahun 2018. Dimana, dari jumlah itu ada 10 taruna yang berasal dari Batam dan diharapkan bisa bertambah lagi,” kata Iwan, kemarin.

Adapun pelayaran ke berbagai negara itu, selain sebagai ajang pelatihan Taruna Akademi Angkatan Laut tingkat III, KRI Bima Suci mengikuti beberapa event yang dilaksanakan. Salah satu event yang akan diikuti oleh KRI Bima Suci adalah perlombaan kapal layar tiang tinggi yang akan dilaksanakan di Korea Selatan dan Rusia.

“Perlombaan event internasional itu sesuai dengan fungsi Angkatan Laut, pertahanan dan diplomasi. Sambil mengenalkan budaya kita di luar negeri, termasuk mengenal tradisi negara lain,” ujarnya.

KRI Bima Suci ini, akan bersandar di Pelabuhan Batuampar selama tiga hari atau hingga Jumat (10/8) mendatang. Selama bersandar di Batam, masyarakat Kota Batam bisa mengunjungi KRI Bima Suci mulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Selain itu, juga diadakan courtesy call ke Pejabat militer dan sipil di Batam, pertukaran cendera mata, promosi ke sekolah, dan dilaksanakan kirab kota dengan pelaksanaan di pusat Kota Batam pada Kamis (9/8) besok.

“Kapal ini diharapkan masyarakat batam semakin mengenal angkatan laut melalui kapal ini dan ikut merangsang generasi muda untuk gabung ke Angkatan Laut,” tuturnya.

Dengan KRI Bima Suci dijadikan sebagai latihan Taruna Akademi Angkatan Laut, supaya seluruh taruna angkatan laut bisa mempelajari dasar dari Angkatan Laut itu sendiri. Dimana, kapal ini murni menggunakan layar dan diharapkan seluruh taruna bisa mempelajari bagaimana bentuk bangunan kapal layar.

“Jadi pokok wajahnya Angkatan Laut ada di sini. Bagaimana mereka berlayar dengan kapal layar, terus bangunan hingga bentuk tiang. Jadi, alami mempelajari karakteristik kapal dari yang paling dasar,” imbuhnya.

batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares