Scroll to Top

Keren, Lapas Barelang Miliki Sistem Informasi Warga Binaan Mandiri

By Redaksi Sijoripost / Published on Sabtu, 18 Mei 2019 19:29 PM / No Comments / 54 views

Sijoripost.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Barelang, Batam memiliki sistem baru yang menyajikan informasi warga binaan (WB).

Sistem yang dinamai Anjungan Layanan Informasi Mandiri (Alim) ini berisi seluruh data WB yang ada di Lapas.

WB yang ingin mengetahui lama masa tahanan mereka dan hak lainnya tinggal menempelkan sidik jari mereka ke mesin yang telah di sediakan di halaman Lapas ini.

Kalapas Kelas IIA Barelang Kota Batam, Surianto. Foto Cecep Mulyana / batampos.co.id
Setelah itu informasi yang ingin diketahui oleh WB akan tertera dari sistem ini. “Sistem ini diberi nama Alim, di sini semua informasi tentang hak-hak arga binaan bisa diakses,” kata Kepala Lapas Kelas IIA Barelang, Surianto pada Sabtu (18/5/2019).

Sistem ini, lanjut Surianto, sudah berjalan optimal sejak 1 Mei 2019 lalu. Sebelumnya, Lapas Barelang terlebih dahulu melakukan uji coba terhadap sistem sejak awal Januari hingga akhir April 2019 lalu.

Dengan hasil yang cukup memuaskan, akhirnya sistem tersebut mulai diberlakukan. Pada prosesnya, sistem ini disambut baik oleh WB yang mengaku mendapat kemudahan.

Mereka tidak lagi harus bertanya kepada petugas, ketika ingin mengetahui informasi terbaru perihal status mereka di Lapas yang berlokasi di Kelurahan Tembesi ini.

“Tentu sangat memudahkan, bukan hanya untuk WB tetapi juga petugas kita. Ini bagian dari perbaikan sistem yang memang terus kita upayakan,” pungkas Surianto.

batampost

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares