Scroll to Top

Kota Duri mendadak diselimuti asap tipis dan bau asap karhutla

By fadjar / Published on Jumat, 31 Agu 2018 14:51 PM / No Comments / 39 views
Kota Duri terkena asap karhutla (Riauterkini)

Duri,¬†Sijoripost.com – Jum’at (31/8/18) pagi, udara di Kota Duri, Kecamatan Mandau berubah tak biasa. Diringi dengan selimut asap tipis, bau hasil pembakaran lahan hutan kental tercium dan menyesakkan pernafasan. Meski pada Kamis (30/8/18) malam Kita minyak dihuyur hujan hingga dinihari.

“Aneh, asap tampak muncul, padahal baru diguyur hujan. Bau asapnya pun berbau menyengat,” ujar Ibu hamil Leni saat berbincang.

Terpisah, salah seorang pekerja perusahaan minyak dan gas (Migas), Rino juga mengeluhkan hal yang sama, bau kental dari pembakaran lahan dan hutan dirasa sangat menyesakkan nafas.”Terpaksa pakai masker, baunya lumayan terasa. Kalau asapnya tidak terlalu berpengaruh,”ungkapnya.

Meski belum ada himbauan langsung dari Pemerintah akan efek dari pencemaran udara hasil pembakaran lahan dan hutan, namun sebahagian besar masyarakat lebih memilih berada didalam ruangan dari pada beraktifias diluar.

Seperti diketahui, lahan dan hutan di Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan dikabarkan dilalap api. Meski jumlahnya kecil, namun dampak yang ditimbulkan cukup membuat warga ketar ketir akan efek kesehatannya.

 

riauterkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares