Scroll to Top

Mantan Staff Google dan FB serukan bahaya medsos

By Redaksi Sijoripost / Published on Selasa, 06 Feb 2018 12:19 PM / No Comments / 95 views
ilustrasi medsos (foto google)

Sijoripost.com – Para mantan eksekutif Google, Facebook, hingga Apple membuat program kampanye yang menyerukan bahaya kecanduan internet, khususnya media sosial, terhadap anak-anak.

Koalisi tersebut diinisiasi oleh Justin Rosenstein sebagai pencipta tombol like Facebook, Roger McNamee investor awal Facebook, Lynn Fox mantan eksekutif komunikasi Apple dan Google, dan Tristan Harris sebagai mantan desainer Google, dan lainnya.

Kampanye bernama The Truth About Tech ini dibentuk untuk memerangi beragam platform teknologi, yang kian menghadirkan fitur yang membuat penggunanya adiktif. Kampanye tersebut dilakukan oleh dua organisasi yang mereka bentuk, yakni Center for Humane Technology dan Common Sense.

Penelitian telah menyebutkan ada dampak negatif dari kecanduan teknologi. Misalnya membuat penggunanya mengalami depresi, kegelisahan, dan pemikiran atau usaha bunuh diri yang lebih tinggi.

“Masyarakat kita sedang dibajak oleh teknologi. Apa yang dimulai sebagai perlombaan untuk memonetisasi perhatian kita, sekarang malah mengikis pilar di masyarakat yaitu kesehatan mental, demokrasi, hubungan sosial, dan anak-anak kita,” pernyataan kelompok tersebut.

Sebagai langkah konkret, koalisi para mantan ini telah mencanangkan sebuah program ke 50 ribu sekolah di seluruh Amerika Serikat. Di sana para pelajar akan diberi penjelasan tentang bagaimana dampak kecanduan internet.

Corbie Kiernan selaku juru bicara Common Sense mengungkapkan kampanye The Truth About Tech ini adalah upaya untuk mengatasi manipulasi dan eksploitasi beberapa perusahaan media sosial. Mereka, dikatakan Kiernan, telah mengabaikan konsekuensi dari dampak kecanduan internet.

“Kami ingin melihat industri teknologi terlibat dalam hal pencegahan kecanduan digital ini,” kata Kiernan dikutip detikINET dari Telegraph, Selasa (6/2/2018).

 

detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares