Scroll to Top

Ini Masjid tertua di Singapura yang jadi tujuan favorit wisatawan

By Fitri Laurencia / Published on Selasa, 27 Feb 2018 10:05 AM / No Comments / 85 views
Masjid Sultan Singapura

Singapura, Sijoripost.com – Traveling ke Singapura selalu penuh warna karena negara singa tersebut multikultural dan agama, salah satunya agama Islam.

Singapur pun miliki pusat kawasan muslim yang berada di Kampong Glam, tentu saja kawasan ini jadi destinasi wisata yang menarik, apalagi hadirnya masjid Sultan yang berkubah emas.

Untuk menuju masjid Sultan, Anda bisa naik MRT tujuan Bugis atau naik bis. Dari stasiun MRT Bugis, cukup jalan kaki selama 20 menit melintasi North Bridge Road dan Muscat street. Letaknya berada persis di tengah kawasan Kampong Glam.

Masjid Sultan mudah dikenali karena ciri khas kubah emasnya, memiliki 2 menara, serta dindingnya berwarna krem, oranye dan hijau muda. Masjid berukuran besar ini, mampu menampung 5.000 jemaah di dalamnya. Sama seperti bagian luarnya yang megah, bagian dalam masjid terlihat menarik dan colorful dengan paduan warna hijau, kuning dan putih.

Salah satu hal menarik dari masjid Sultan adalah, pada bagian dasar kubah emas yang dihiasi banyak botol. Botol-botol ini merupakan sumbangan warga miskin untuk menunjukkan masjid dibangun oleh semua elemen masyarakat muslim Singapura.

Masjid Sultan dibangun pada 1824 oleh sultan pertama Singapura, bernama sultan Hussian Shah. Tepatnya setelah Singapura jatuh ke tangan Inggris, pemerintah kolonial Inggris memberikan wilayah Kampong Glam sebagai wilayah bagi masyarakat muslim Melayu. Masjid Sultan pun dibangun dan direnovasi beberapa kali.

Untuk mengunjungi masjid tersebut, Anda bisa mengikuti tur keliling masjid usai melaksanakan solat. Bila Anda tak memakai pakaian tertutup, masjid tersebut pun menyediakan pakaian panjang untuk menutup aurat. Serunya lagi ada fasilitas free wifi dan charger telepon genggam di dalam masjid.

Setelah puas mengunjungi masjid Sultan yang merupakan salah satu masjid terpenting di Singapura, cobalah menjelajah Kampong Glam, karena area ini sangat menarik. Ada banyak restoran timur tengah di seberang masjid yang didekorasi sangat cantik serta toko-toko Arab.

okezone.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares