Scroll to Top

Mengenang Bung Hatta, Tugu Proklamasi di Serasan masih terjaga

By fadjar / Published on Jumat, 25 Mei 2018 15:41 PM / No Comments / 34 views
Tugu Serasan (haluankepri)

Natuna, Sijoripost.com – Perjuangan seorang pemimpin proklamator Bung Hatta di setiap pulau, tidak memandang jauh jarak yang harus ditempuh, terbukti dengan berdiri kokoh tugu proklamasi di Kecamatan Serasan dulunya termasuk dalam Pulau Tujuh yang masih terjaga dan terawat dengan baik.

Hal ini membuktikan bahwa kehadiran pemimpin menjadi semangat bagi masyarakat serasan. Dengan dibangunnya tugu Proklamasi tanda disetiap kecamatan di Pulau Tujuh termasuk bagian dari NKRI harga mati.

Seorang tokoh masyarakat Serasan Fadillah yang akrab disapa (Qloch) menceritakan, pembangunan tugu Proklamasi di kecamatan serasan sudah dibangun sejak tahun 1963 silam. Hingga sekarang masih terjaga dengan baik.

“Tugu Proklamasi yang masih berdiri kokoh di setiap Kecamatan dipulau tujuh, merupakan Saksi bisu atas Kehadiran Sang Proklamator (Bung Hatta) di pulau Perbatasan,” kata Fadillah saat ditemui di jalan soekarno-hatta, Kamis (24/5).

Dikatakan, tujuan pembangunan tugu ini menandakan Kecamatan Serasan kabupaten Natuna bagian timur termasuk wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Serawak Malaysia.

“Dulu kehadiran wakil Presiden pertama Bung Hatta di Serasan menandakan bahwa wilayah Indonesia luas yang memiliki beragam Kepulauan. Makanya dibangun tugu proklamasi disetiap kecamatan dipulau tujuh,” ucapnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kecamatan dan Pemuda Tempatan (Pelimpak) yg senantiasa menjaga Kelestarian Monumen sejarah ini.

“Karena jika tidak ada yang merawat dan menjaga sudah pasti akan hancur di telan jaman. Kita berharap tugu ini menjadi saksi bahwa Di setiap kecamatan di Pulau tujuh termasuk bagian dari NKRI,” harapnya.

 

haluankepri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares