Scroll to Top

Pembangunan rumah layak huni Desa Air Jernih dana 40 persen sudah tepat sasaran dan mengikuti prosedur

By Redaksi Sijoripost / Published on Kamis, 06 Sep 2018 13:12 PM / No Comments / 91 views

Rengat, Sijoripost.com – Terkait pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) Desa Air Jernih Kecamatan Rengat Barat Provinsi Riau Melalui Dana Provinsi Sebesar Rp.513.000.000 sudah terlesasi dan tepat sasaran

Dari dana sebesar Rp.513.000.000 tersebut di salurkan ke 9 unit rumah warga Desa Air Jernih yang menerima bantuan rumah layak huni dengan harga satuan perunit Rp.57.000.000, Potong pajak sebesar 12 persen PPH dan PPN.

Numun dana tersebut tidak langsung di cairkan 100 persen, pencairan dilakukan dengan Tiga tahap yaitu 40 persen ,40 persen dan 20 persen. Tahap awal pembangunan rumah layak huni untuk sementara hanya di cairkan oleh pemerintah provinsi sebesar 40 persen.

Dari dana 40 persen dari Rp.513.000.000 sebesar Rp.180.000.000 juta yang di banggun oleh Pokmas.

“Untuk pekerjaan 9 unit rumah untuk sementara ini hanya menggunakan dana 40 persen dan tahapan pencairan di lakukan 3 kali, Jadi jika ada informasi rumah layak huni ada yang belum siap itu wajar saja, Karna pihak pokmas hanya menyalurkan dana 40 persen tersebut,Itupun rumah warga yang mendapatkan RLH sudah mencapai 80 persen sebanyak 5 Unit dan 4 Unit nya mencapai 40 hingga 50 persen,” Jelas Kades Air Jernih Azwar Zr Selaku Pengawas RLH.

Jika ada laporan warga mengenai Rumah Layak Huni (RLH) yang belum siap atau terbengkalai itu semua tidak ada unsur kesengajaan dari Pokmas maupun pihak perangkat desa, Melainkan dana tahap selanjutnya belum cair.

“Jika kita lihat dari laporan warga melalui dunia maya atau apapun itu yang menjahstis desa tidak peduli atau membiarkan itu tidak benar tetapi bahan material sudah di sediakan dan langkah selanjutnya hanya menunggu uang selanjutnya cair untuk melanjutkan pembanggunan tersebut, Untuk Saat ini pihal Pokmas dan kepala desa berupaya mencairkan dana selanjutnya,”Ungkap Lagi Kepala Desa.

Untuk Tahun 2019 Selanjutnya Pemerintahan Desa Air Jernih sudah mengajukan kembali Rumah Layak Huni ke Pihak pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Parkim Provinsi, Guna mengajukan warga yang belum mendapatkannya.

Salah satu Warga yang mendapatkan RLH Supriyadi, Mengaku sangat berterimakasih kepada pihak desa dan Pemerintah provinsi Riau dengan adanya program tersebut.

“Kami sangat berterimakasih dan program tersebut sangat membantu masyarakat tak mampu,”Ungkap Supriyadi.(spc7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares