Scroll to Top

Pemko Pekanbaru sukses menggelar HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas

By Redaksi Sijoripost / Published on Kamis, 07 Mar 2019 13:00 PM / No Comments / 57 views

Pekanbaru, Sijoripost.com – Perayaan HUT Damkar ke 100, HUT Satpol PP ke 69 dan HUT Sat Linmas yang ke 57 di Stadion Rumbai Pekanbaru menampilkan atraksi memukau dari masing masing satuan.

Sebelumnya, Kegiatan Perayaan Hut Damkar, Hut Satpol PP dan satuan perlindungan masyarakat diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo.

Dalam pidatonya, Tjahyo Kumolo mengatakan,”Peran penting ketiga satuan tersebut tercermin dalam tugas dan tanggung jawabnya, Tugas Damkar, melakukan pencegahan penyelamatan pengendalian dan penanganan bahan beracun dan berbahaya serta penyelamatan manusia dalam kondisi berbahaya.

Sedangkan Satpol PP bertugas untuk menegakkan Perda menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Dan dibentuknya SatLinmas adalah bertugas dipersiapkan untuk melakukan penanganan terhadap bencana, memelihara ketertiban dan ketentraman di masyarakat terutama dalam even even kenegaraan khususnya membantu dalam hal pertahanan negara dalam mensukseskan Pilpres 2019 nanti.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo juga meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) turut mensukseskan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April mendatang.

Ketiga satuan ini diminta dapat bersinergi dengan pihak kepolisian sebagai leading sektor pelayanan dan keamanan bersama TNI.

“Damkar,Satpol PP dan Linmas harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Untuk Pemilu mereka harus melekat membantu pelayanan dan pengamanan membantu pihak kepolisian dan TNI,” kata Mendagri, seusai menghadiri acara HUT, Damkar, Satpol PP dan Linmas di Kaharuddin Nasution Rumbai, Selasa (6/3/2019).

Kegiatan perayaan HUT Damkar, satpol PP dan Linmas dilanjutkan dengan pertunjukan atraksi yang dibawakan oleh ketiga satuan tersebut.

Sejumlah atraksi menambah meriah kegiatan itu. Satu persatu atraksi silih berganti memukau para hadirin yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia.

Para personel Satpol PP Pekanbaru menampilkan atraksi aneka beladiri.

Sebanyak 250 orang praja Satpol PP Pekanbaru menampilkan sejumlah atraksi unjuk kebolehan pencak silat, yong modo, jiujitsu, kempo, tinju dan karate.

Ada juga yang menampilkan atraksi memecahkan sejumlah material seperti genteng, batako hingga membuat kawat besi bengkok dengan leher. Selain itu mematahkan kawat baja dengan kelingking.

Sejumlah personel Satpol PP melakukan lompatan harimau, melompat di antara lingkaran api. Adegan itu membuat suasana sempat tegang.

Atraksi lain yang memukau hadirin adalah atraksi terbang layang mengibarkan bendera Satpol PP.

Ada juga atraksi drum band dari Gita Praja Karya yang membawakan sejumlah lagu dari beberapa daerah di nusantara.

Para personel damkar juga tidak ketinggalan. Mereka menampilkan atraksi senam nozel dan senam perahu.

Atraksi ini seiring pancuran air dari sejumlah unit mobil pemadam.

Tanggapan Pejabat Daerah

Sementara Wali kota Pekanbaru, Firdaus ST MT yang menghadiri acara mengaku sangat senang karena banyaknya tamu undangan dari seluruh Indonesia yang hadir di Pekanbaru.

Berbagai macam persiapan kegiatan sudah siap dilakukan Sejumlah kegiatan sudah digelar dalam rangkaian HUT Damkar, HUT Satpol PP dan HUT Satlinmas.

Di antaranya jalan sehat di arena Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) dan skill competition personel Damkar.

Kegiatan lainnya juga digelar Rakornas Damkar, Satpol PP dan Satlinmas hingga bazar di areal Stadion Kaharuddin Nasution.

Sementara tanggapan dari Kepala Dinas Damkar kota Palu Sulawesi Tengah Sudaryono R Lamongkona, menurutnya perayaan HUT tiga satuan ini sangat bagus dan istimewa. Ini menunjukkan bahwa ketiga instansi tersebut telah melakukan kerja kerasnya untuk melakukan persiapan.

Ungkapan kekaguman juga disampaikan oleh Kasatpol PP Provinsi Papua Esau Rumbiak, kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, Kegiatan yang merupakan momentum dan contoh yang baik bagi kami atau yang ada di satuan Damkar maupun Satpol PP dan linmas untuk segera melakukan Hut Pol PP pada tanggal 28 Maret 2019 esok, Ujarnya

Dari Kampar, Bupati Catur Sugeng, yang hadir pada acara tersebut menyampaikan bahwa petugas pemadam adalah garda terdepan untuk meneruskan tradisi perjuangan kita. Nama petugas damkar tak selalu diingat dan dikenal, tapi bagi orang yang saudara selamatkan saudara diingat, dido’akan, dan insya Allah dicatat sebagai amal Soleh.

“Dengan seabadnya usia Damkar yang merupakan dibawah naungan Satpol PP, Catur berharap kepada seluruh satuan Pemadam Kebakaran untuk tidak lengah, sigap, cepat dan cerdas dalam mengembang tugas”.

Kegiatan perayaan HUT Damkar ke-100, HUT Satpol PP ke-69 dan HUT Linmas ke-57 ini diikuti oleh berbagai perwakilan Damkar, Satpol PP dan Linmas seluruh Indonesia, ribuan peserta upacara memadati stadion Rumbai. Mereka yang hadir berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mewakili 34 provinsi yang ada di nusantara.

Peserta upacara dan dan para hadirin mengenakan seragam Damkar dan Satpol PP dan atribut lengkap. Ada juga terlihat pasukan satlinmas di barisan peserta upacara. (spc1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares