Scroll to Top

Pemprov Surati Kekosongan Wabup di Tiga Daerah

By Redaksi Sijoripost / Published on Sabtu, 25 Mei 2019 15:42 PM / No Comments / 700 views

Pekanbaru, Sijoripost.com – Kekosongan posisi Wakil Bupati di tiga daerah menjadi sorotan. Hal ini dikarenakan kekosongan tersebut sudah berlangsung cukup lama.

Untuk itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengambil langkah proaktif dengan menyurati tiga daerah yang dimaksud. Tiga daerah tersebut meliputi Pemerintah Kabupaten Siak, Kampar dan Rokan Hulu.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Riau, Sudarman mengatakan, pihaknya telah mengambil sikap untuk menyikapi hal tersebut. Hanya saja, keputusan akhir tentunya tetap mengacu pada mekanisme dan ketentuan yang berlaku.

“Ada mekanisme yang mengaturnya. Untuk usulan nama calon wakil bupati itu adalah kewenangan partai pengusung saat Pilkada sebelumnya. Kita perannya hanya sebatas mengingatkan,” paparnya, Kamis (24/5/2019).

Dalam mekanismenya, untuk pengisian posisi wakil bupati tersebut dimulai dari usulan nama wakil bupati diusulkan oleh partai pengusung. Dari usulan tersebut nantinya akan di bawa ke DPRD Kabupaten untuk diparipurnakan. Setelah itu baru diajukan ke pemerintah kabupaten.

“Dari kabupaten nantinya kemudian diajukan Pemerintah kabupaten meneruskan ke Pemerintah Provinsi Riau. Atas dasar itu kita meneruskan me Kemendagri untuk ditetapkan SK pengangkatanya dan jadwal pelantikannya,” imbuhnya. (spc1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares