Scroll to Top

Pendaftaran SNMPTN 2018 dibuka hari ini, yuk simak tata caranya!

By Fitri Laurencia / Published on Rabu, 21 Feb 2018 08:46 AM / No Comments / 55 views

Sijoripost.com – Untuk para calon mahasiswa baru, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), pendaftarannya mulai dibuka hari ini Rabu (21/2/2018).

Dalam lamansnmptn.ac.id, pendaftaran ini dilaksanakan 21 Februari hingga 6 Maret 2018.

Ketua Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2018, Ravik Karsidi mengatakan, SNMPTN merupakan seleksi penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi panitia pusat.

Selain itu, SNMPTN dilaksanakan serentak secara nasional oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Peserta seleksi nggak dipungut biaya apa pun, karena pemerintah menanggung biaya pelaksanaan SNMPTN.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN

Pengisian dan verifikasi pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS): 13 Januari-10 Februari 2018

Pendaftaran SNMPTN: 21 Februari – 6 Maret 2018

Pengumuman Hasil Seleksi: 17 April 2018

Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi: 8 Mei 2018 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tulis SBMPTN 2018)

Cara Pendaftaran

Bagi kalian yang ingin mendaftar SNMPTN, gunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2018 http://www.web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Setelah itu, siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Tak luput, pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.

Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.

Langkah terakhir, siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet dapat melakukan pengisian PDSS dan pendaftaran SNMPTN di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.

Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

A. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya, apabila memilih satu PTN, pendaftar boleh memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

B. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan 1 (satu) PTN maksimal 2 (dua) program studi.

C. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

D. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.

E. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2018 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares