Scroll to Top

Perceraian orangtua bisa tentukan nasib pernikahan anak?

By Fitri Laurencia / Published on Minggu, 18 Feb 2018 21:04 PM / No Comments / 31 views
Ilustrasi

Sijoripost.comRiset menemukan, anak-anak dari orangtua bercerai memiliki kemungkinan lebih besar untuk melakukan perceraian, dibanding mereka yang tumbuh dalam rumah dengan dua orangtua. Lalu, studi baru dalam Psychological Sciencemenemukan, alasannya lebih berhubungan dengan genetik, dan bukannya pola asuh.

Para peneliti dari Swedia dan Amerika Serikat mencoba mencari tahu, apakah faktor genetik memiliki peran tentang kemungkinanperceraian pasangan. Mereka menganalisis data populasi dari 20.000 orang dewasa di Swedia, yang adalah anak adopsi.

Mereka menemukan, para orang dewasa yang kecilnya diadopsi ini, riwayat perceraian mereka lebih menyerupai orangtua kandung, dibanding orangtua angkat mereka.

Menurut penulis penelitian, Jessica Salvatore, PhD, asisten profesor psikologi di Virginia Commonwealth University, hasil temuan ini mengejutkan. Kepercayaan selama ini adalah, perceraian bisa jadi bersifat turunan karena anak-anak melihat dan belajar dari perilaku orangtua mereka.

“Banyak bukti ilmiah sampai saat ini menunjukkan, melihat orangtua Anda melalui proses perceraian berkontribusi pada kemungkinan Anda sendiri untuk bercerai,” ujar Salvatore, melansir Women’s Health, Minggu (18/2/2018). “Namun studi-studi ini belum dipengaruhi fakta, para orangtua itu ternyata juga mengontribusikan gen mereka pada anak-anaknya. Dengan meneliti anak-anak yang diadopsi, kami bisa memisahkan faktor genetik dan faktor lingkungan.”

liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares