Scroll to Top

Pileg 2019; KPU Pekanbaru tetapkan 6 Dapil

By Redaksi Sijoripost / Published on Selasa, 13 Feb 2018 12:42 PM / No Comments / 96 views
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru (foto google)

Pekanbaru, Sijoripost.com – Pemilihan legislatif (pileg) secara serentak akan dilaksanakan pada 2019 mendatang, termasuk di Pekanbaru. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru mulai menyiapkan seluruh keperluan pileg.

Salah satunya adalah penetapan daerah pemilih (dapil) yang dibagi menjadi 6 wilayah dengan total 45 kursi. Hal itu disampaikan KPU saat melaksanakan uji publik bersama partai politik (parpol) serta tokoh masyarakat di Hotel Pangeran akhir pekan kemarin.

Ketua KPU Pekanbaru Amiruddin Sijaya menjelaskan, pada pileg Pekanbaru sebelumnya terbagi atas 5 dapil. Namun untuk periode sekarang KPU mengurai satu kecamatan lagi yakni Kecamatan Payung Sekaki dengan Kecamatan Senapelan dengan total 6 kursi.

Ditambah 5 dapil lainnya yakni Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru Kota, dan Kecamatan Limapuluh 6 kursi, Rumbai dan Rumbai Pesisir 7 kursi. Sedangkan Kecamatan Sail dan Tenayan Raya dan Marpoyan Damai 11 kursi. Khusus Kecamatan Tampan KPU membentuk dapil tersendiri dengan total 8 kursi.

“Dapil ini kan awalnya 5, sekarang ditambah satu menjadi 6 dapil. Awalnya dapil 5 itu Tampan dengan Payung Sekaki. Sekarang ternyata Tampan dengan Payung Sekaki itu tidak bisa digabungkan lagi karena kalau digabungkan menghasilkan 13 kursi,” jelas Amiruddin.

Maka dari itu, sesuai dengan Undang-Undang No.7/2017 satu dapil maksimal hanya 12 kursi. Karena aturan itu KPU menetapkan Kecamatan Tampan menjadi dapil tersendiri. “Secara histori Tampan dengan Payung Sejaki itu ada hubungan. Maka kami ambil saja Payung Sekaki dengan Senapelan untuk digabungkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Amiruddin juga menjelaskan maksud dan tujuan acara uji publik tersebut adalah untuk mendapatkan masukan dari perwakilan partai tentang penambahan dapil tersebut.

 

riaupos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares