Scroll to Top

Presiden Joko Widodo dilaporkan ACTA ke Ombudsman RI

By Fitri Laurencia / Published on Selasa, 06 Mar 2018 09:58 AM / No Comments / 68 views
Presiden Jokowi

Jakarta, Sijoripost.com – Presiden Joko Widodo diadukan ke lembaga Ombudsman RI atas laporan dugaan maladministrasi yang dilakukannya karena menerima kedatangan pengurus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Istana Negara. Pelaporan dilakukan oleh Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) melalui Wakil ketua Dewan Pembina ACTA, Ali Lubis, Senin (5/3/2018).

“Hari ini kami dari ACTA berkunjung ke kantor Ombudsman ingin melaporkan suatu peristiwa terkait dengan dugaan maladministrasi, yaitu salah satu partai mendatangi atau bersilahturahmi dengan bapak Presiden RI yaitu bapak Joko Widodo di istana,” kata Ali di gedung Ombudsman di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Ali mengatakan, pihaknya tidak asal saja mengajukan pengaduan. Sebab, bersamaan dengan itu pihaknya turut membawa sejumlah dokumen sebagai bukti untuk memperkuat laporannya. Dia menegaskan, laporan ACTA berdasar pasal 1 angka 3 Undang-undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman RI.

Merujuk pasal itu maka maladministrasi adalah perilaku atau perbuatan melawan hukum yang dilakukan penyelenggara negara karena melampaui wewenang, atau menggunakan wewenang untuk tujuan lain dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

“Terkait laporan di sini, kami melihat adanya maladministrasi terkait penyalahgunaan fasilitas negara,” kata Ali. Setelah menyampaikan laporan, Ali menyerahkan sepenuhnya hal yang dipersoalkannya kepada Ombudsman RI. “Nanti Ombudsman yang menentukan itu,” katanya.

riaupos.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares