Scroll to Top

PROFIL:Caleg DPRD Pekanbaru ini ingin jadi penyambung aspirasi & fokus peningkatan UMKM perempuan

By Redaksi Sijoripost / Published on Minggu, 06 Jan 2019 20:07 PM / No Comments / 89 views

Pekanbaru, Sijoripost.com – Hj. R. Susi Dewi Yanti SS MM memantapkan niat dan langkahnya maju sebagai calon anggota DPRD Pekanbaru Dapil 3 Sail dan Tenayan Raya nomor urut 5 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Perempuan cerdas dan sarat pengalaman di berbagai bidang ini, ingin menjadi penyambung suara aspirasi masyarakat, terutama kaum perempuan.

“Menjadi penyambung suara aspirasi masyarakat terutama kaum perempuan adalah merupakan motivasi saya maju sebagai calon wakil rakyat,” kata Susi mengawali perbincangan dengan wartawan Berazam, Minggu (6/1/2019).

Mengusung tagline”Bekerja Sepenuh Hati, Berkhidmat untuk Rakyat”, Magister Manajemen lulusan UII Yogyakarta ini mengaku miris melihat fenomena masyarakat yang hari ini masih ada yang hidup dibawah garis kesejahteraan.

“Masih banyak masyarakat Pekanbaru khususnya yang berada di wilayah kecamatan Sail dan Tenayan Raya yang hidup dibawah garis kesejahteraan. Mereka belum sepenuhnya merasakan trickle down efect (efek menetes) pembangunan, baik fisik maupun non fisik,” ungkap mantan Manager Riau Televisi ini.

Tersebab itulah, jurnalis senior yang saat ini menjabat Komisaris TV Melayu, berhasrat membangun serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui skema UMKM di Tenayan Raya. Apalagi Kecamatan Tenayan Raya merupakan salah satu pusat pengembangan Pekanbaru City Smart Madani karena semua kegiatan kantor Walikota dipusatkan disana.

“Tentu ini merupakan angin segar dan terbukanya peluang untuk mengakses berbagai informasi serta kegiatan perekonomian masyarakat khususnya yang bergerak di bidang UMKM. Spin of control (rentang kendali) pelayanan cukup dekat dengan masyarakat,” papar Susi, panggilan akrab perempuan berhijab yang berdomisili di Jalan Ronggo Warsito 67 Gobah Pekanbaru ini.

Dari hasil kunjungannya di dua kecamatan Sail dan Tenayan Raya, menurut Susi program UMKM belum semuanya menyentuh masyarakat. Misalnya, pembuat batu bata yang belum tersentuh teknologi. “Masih banyak yang bekerja secara manual atau konvensional. Ini akan menjadi fokus perhatian saya nanti apalagi diberi amanah menjadi anggota DPRD Pekanbaru,” ujarnya.

Selain UMKM, Susi juga bertekad ingin memperjuangkan hak hak perempuan yang selama ini selalu terabaikan. Meskipun dalam ruang politik, regulasi telah memberi tempat yang sejajar dengan kaum laki laki. Namun, kata Susi masih banyak ketimpangan khususnya dalam hal memperoleh hak asasi manusia yang berkeadilan.

Untuk mewujudkan semua impian tersebut, tidak mudah memang, apalagi tidak didukung dengan pengetahuan serta wawasan yang luas. Namun, melihat rekam jejak Susi yang selama ini banyak menghabiskan waktu di bidang jurnalistik, banyak pihak yang meyakini dirinya mampu karena punya kapasitas dan integritas yang mumpuni untuk menjadi anggota DPRD Pekanbaru periode 2019-2024.

Disamping sebagai politisi, Susi memiliki pengalaman kerja maupun organisasi yang cukup matang dan panjang. Dia pernah menjabat Manager Riau TV selama 8 tahun.

Dari Riau TV hijrah dan bersama seoramg rekan jurnalis senior mendirikan sebuah TV lokal bernama TV Melayu. Dan sampai sekarang masih menjabat salah seorang komisaris di Televisi bert tagline kami Tak Kan Hilang Melayu di Bumi.

Dibidang organisasi, Susi juga aktif menjadi Ketua PWRI Riau, bendahara Srikandi MPW Pemuda Pancasila Riau, Wakil ketua DMDI Pekanbaru, Pengurus IPEMI Provinsi Riau, Pengurus WSI Riau dan Ketua Umum Srikandi Melayu Asia.(azm/spc1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares