Scroll to Top

RAPP jadikan Desa Talontam sentra budi daya pisang batu

By Redaksi Sijoripost / Published on Rabu, 10 Okt 2018 11:42 AM / No Comments / 36 views

Kuansing, Sijoripost.com – Masyarakat Desa Talontam, Kecamatan Benai kembangkan budi daya pisang batu seluas 2 hektar bekerjasama dengan PT. RAPP dan pengusaha pisang kipas Pekanbaru.

Hal ini disampaikan Dasmuri Putra, SP Kasubag Peliputan Rabu (10/10/2018) pagi, menurut Dasmuri. Wujud nyata dari kerjasama tersebut, dilakukan penandatanganan MoU oleh Kepala Desa Talontam R Helpi Alfonso bersama pengelola pisang kipas jalan Kuantan Pekanbaru, selasa (9/10/2018) kemarin.

Penandatanganan ini disaksikan langsung Bupati Kuansing Drs H Mursini, M.Si, Direktur LPPM UR Prof. DR. Harlen, MM dan Direktur CSR PT. RAPP Marzum Hamid.) di Desa Talontam Benai.

Kerjasama ini, juga merupakan tindak lanjut MoU Pemkab Kuansing dengan Univeritas Riau (UR) 2 November Tahun 2017 lalu di Pekanbaru, saat itu digelar seminar lokakarya pemanfaatan sungai dan bantaran sungai di Pekanbaru.

Direktur LPPM UR Prof. DR. Harlen mengatakan, bahwa pihaknya sudah menetapkan dua desa di Kuansing untuk dijadikan sentra penanaman pisang, Talontam, Benai dan Desa Kinali Kecamatan Kuantan Mudik.

Tujuan dari kegiatan ini, menurutnya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan lahan kosong yang ada di bantaran sungai Kuantan.

“Ada banyak program dan kegiatan yang dirancang LPPM UR untuk pengembangan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan sungai dan bantaran sungai Kuantan. Salahsatunya adalah penanaman pisang batu ini,” terang Harlen.

Kepala Desa Talontam R Helpi Alfonso menjelaskan, untuk penanaman pisang batu ini, pihaknya menyediakan lahan seluas 2 hektare terdiri dari dua bidang lahan dengan luas masing-masing lahan 1 hekatare.

“Jumlah tanaman untuk 1 hektare nya adalah 350 batang. Jadi yang akan kita tanam nantinya ada 700 batang pohon pisang,” jelasnya.

Kepada pihak Pemkab Kuansing dan LPPM UR yang memfasilitasi kerjasama ini, ia menyampaika terimakasih Begitu juga dengan PT RAPP yang membantu bibit pisang melalui program CSR.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pengusaha pisang kipas Pekanbaru, karena begitu pisang ini panen nantinya langsung diambil oleh mereka. Artinya pangsa pasarnya sudah jelas,” tutur Helpi.

Bupati Kuansing Drs H Mursini, M.Si berharap program ini, bisa bermanfaat bagi semua pihak. Kemudian melalui Dinas Pertanian program ini akan dijadikan kebijakan strategis dan holistik dengan melibatkan semua unsur pemerintahan mulai dari tingkat desa, Kecamatan dan dinas Instansi terkait lainnya di Kabupaten Kuansing.

Sementara itu Direktur CSR PT RAPP Marzem Hamid mengatakan, PT RAPP melalui program CSR selalu siap membantu masyarakat dalam usaha upaya peningkatan ekonomi masyarakat. Bahkan pihaknya mengusulkan agar setiap desa mempuyai produk unggulan masing-masing. “Untuk mencapai semuanya tidak susah asalkan seluruh program yang ada tersebut disinergikan oleh seluruh pemangku kepentingan,” kata Marzum.

 

 

Riauterkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares