Scroll to Top

Remaja Palestina tewas ditembak Tentara Israel

By fadjar / Published on Sabtu, 28 Apr 2018 15:15 PM / No Comments / 33 views
Remaja Palestina ditembak Tentara Israel (Reuters)

Gaza, Sijoripost.com – Seorang remaja Palestina meninggal akibat luka-lukanya, sehari setelah ditembak pasukan Israel dalam bentrokan di sepanjang perbatasan Gaza.

Kementerian Kesehatan di Gaza menyatakan seperti dilansir kantor beritaAFP, Sabtu (28/4/2018), remaja putra berumur 15 tahun tersebut bernama Azzam Oweida. Dia tertembak di bagian kepala saat aksi demo warga Palestina di Gaza selatan pada Jumat (27/4) waktu setempat.

Dengan kematian remaja tersebut, berarti sudah empat warga Palestina yang tewas akibat tembakan tentara Israel saat bentrokan di sepanjang perbatasan Gaza pada Jumat (27/4) kemarin. Bentrokan terjadi saat ribuan warga Gaza menggelar aksi demo serupa yang dilakukan tiap hari Jumat selama lima minggu berturut-turut ini.

Sebagian besar demonstran melakukan aksi damai, namun sejumlah demonstran melemparkan batu-batu ke tentara Israel dan melakukan aksi bakar ban. Pasukan Israel merespons dengan melepaskan tembakan ke para demonstran. Terhitung sebanyak 45 warga Palestina telah tewas ditembak pasukan Israel sejak aksi demo tersebut dimulai pada 30 Maret lalu. Lebih dari 1.500 orang lainnya luka-luka.

Aksi-aksi demo tersebut diperkirakan bakal meningkat menjelang 14 Mei mendatang, ketika Amerika Serikat berencana memindahkan Kedutaan Besar-nya dari Tel Aviv ke Yerusalem. Rencana itu telah memicu kemarahan warga Palestina yang memandang wilayah Yerusalem timur sebagai ibu kota negara Palestina mendatang.

Menurut militer Israel, sekitar 10 ribu orang telah ikut serta dalam aksi demo di sepanjang perbatasan Gaza pada Jumat (27/4). Militer Israel menuding Hamas yang menguasai wilayah Gaza, mencoba memanfaatkan aksi-aksi demo itu sebagai dalih untuk melancarkan serangan.

Dalam aksinya, para demonstran menuntut hak untuk bisa kembali ke rumah-rumah mereka yang direbut Israel pada tahun 1948 silam. Namun otoritas Israel menuding Hamas memanfaatkan aksi-aksi demo tersebut sebagai dalih untuk kekerasan.

detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares