Scroll to Top

Riau dapat bantuan pesawat untuk modifikasi cuaca

By Redaksi Sijoripost / Published on Selasa, 17 Sep 2019 12:50 PM / No Comments / 97 views

Pekanbaru, Sijoripost.com – Mulai Senin kemarin datang dua Pesawat tambahan untuk perkuatan untuk operasi Teknologi Modifikasi Cuaca/ hujan buatan di Pekanbaru Riau yaitu Cassa 212-200 kapasitas 1 ton dan Hercules C-130 kapasitas 4 ton. Sehingga saat ini tersedia empat pesawat yaitu Cassa 212-200 dari BPPT dan 3 pesawat bantuan TNI.

Plt Kapusdatinmas BNPB Agus Wibowo menginformasikan seluruh pesawat akan beroperasi di enam provinsi yaitu Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Pergekan pesawat sesuai dengan keberadaan awan potensi hujan hasil analisis BMKG.

Pesawat CN 295 Selasa pagi tadi (17/9/2019) jam 06.00 WIB diberangkatkan ke Palangkaraya Kalimantan Tengah karena menurut laporan BMKG sudah terdapat potensi awan hujan. Pesawat akan melakukan operasi penyemaian awan hujan di wilayah Kalimantan agar bisa menjadi hujan untuk membantu pemadaman karhutla di Kalimantan.

Sejak Senin sore kemarin (16/9/2019) hingga Selasa ini (17/9/2019) Presiden Joko Widodo berada di Kota Pekanbaru Riau memimpin pemadaman karhutla di Riau.

Sementara kondisi udara di Kota Bukittinggi, Payakumbuh, sejumlah kecamatan di Sumbar seperti Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam kabut asap kiriman sudah mulai mengkhawatirkan karena dari hari ke hari asap kiriman semakin meningkat tebal.

 

Detak indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares