Scroll to Top

Seekor gajah mati di lahan HTI PT Arara Abadi

By Redaksi Sijoripost / Published on Selasa, 19 Nov 2019 19:26 PM / No Comments / 73 views
Ilustrasi, Gajah yang di obati BBKSDA Riau beberapa waktu lalu

Pekanbaru, Sijoripost.com – Tersiar kabar tentang ditemukannya seekor gajah Sumatera yang sudah mati yang diterima oleh BBKSDA melalui Yuyu salah seorang karyawan PT Arara Abadi Sinarmas Group (18/11/19).

Sebagaimana yang telah di lansir Riauterkini.com, Lokasi temuan bangkai gajah menurut Suharyono pada petak SBAD 401 B-01 Koordinat (1o74’- 101 o27’ 15, 23.5 m.258”) di Distrik Duri II konsesi PT. Arara Abadi Desa Tasik Serai Kecamatan Talang Mandau Kabupaten Bengkalis.

“Informasi awal, bangkai gajah, pertama kali dilaporkan oleh pengawas tebang setelah ada informasi dari tenaga kerja tebang ada bau menyengat. Setelah dilakukan pengecekan ternyata ada bangkai gajah yang tergeletak,” terang Suharyono.

Selanjutnya, tambahnya, setelah mendapat laporan diatas, BBKSDA Riau langsung menurunkan tim medis yang terdiri dari dokter hewan dan pawang gajah untuk melakukan pemeriksaan secara detail (nekropsi).

Disamping itu, menurut Suharyono, BBKSDA Riau juga berkoordinasi dengan Balai Penegakan Hukum LHK Wilayah Sumatera dan sudah menurunkan Tim untuk melakukan pengumpulan bahan dan keterangan terkait kematian satwa tersebut.

“Lokasi kematian gajah tersebut berada pada kantong gajah Giam Siak Kecil-Balai Raja yang berdasarkan hasil survey dan monitoring, jumlah populasi gajah liar saat ini diperkirakan 40 ekor. Sebagian besar populasi berada di wilayah konsesi PT. Arara Abadi yang merupakan hutan tanaman industri dengan jenis tanaman eucalyptus dan akasia,” katanya.

Saat ini, sebagian petak pada konsesi tersebut dilakukan kegiatan pemanenan (harvesting).

 

Riauterkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares