Scroll to Top

Stop, Anjing bukan makanan

By Redaksi Sijoripost / Published on Selasa, 09 Okt 2018 16:22 PM / No Comments / 27 views
Ilustrasi.net

Pekanbaru, Sijoripost.com – Aktivis hewan yang ada di Provinsi Riau, menyambut baik surat edaran yang mengatakan bahwasanya daging anjing bukanlah pangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Yamin selaku penanggung jawab Komunitas Cinta Satwa Riau (salah satu aktivis hewan), Selasa 9 Oktober 2018.

Ditemui di Pekanbaru, Yamin mengatakan hal tersebut sebenarnya telah ditunggu bertahun-tahun oleh seluruh aktivis hewan. Tidak hanya di Provinsi Riau saja tapi juga di seluruh Indonesia.

“Akhirnya perlahan pemerintah mengabulkan (daging anjing bukan pangan) melalui Kementan dengan menerbitkan surat No.9874/SE/PK.420/F/09/2018,” jelasnya.

Yamin menjelaskan, sekian tahun aktivis pemerhati hewan domestik seluruh Indonesia, terutama yang tergabung dalam Gerakan Anti Kekerasan Hewan Domestik Indonesia (GAKDHI), terus memperjuangkan hak-hak hewan domestik (anjing dan kucing) supaya ikut mendapat perhatian dari pemerintah.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kementerian Pertanian RI melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan telah mengeluarkan surat edaran pengawasan perdagangan daging anjing.

Surat edaran ini sendiri telah dikeluarkan pada tanggal 25 September 2018 lalu berdasarkan ketentutan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kesepakatan hasil rapat koordinasi kesejahteraan hewan nasional pada tanggal 1-3 Agustus 2018 lalu.

bertuahpos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares