Scroll to Top

Triwulan pertama 2018, Kasus narkoba paling banyak disidangkan di PN Pekanbaru

By Redaksi Sijoripost / Published on Kamis, 12 Apr 2018 19:22 PM / No Comments / 89 views
Martin Ginting (foto internet)

Pekanbaru, Sijoripost.com – Kasus Narkotika yang di proses di pengadilan Negri Pekanbaru pada triwulan pertama Januari – Maret 2018 mencapai 97 perkara dari Total 320 perkara.

Hal ini disampaikan oleh Panitera Muda Pidana Efrizal ketika disambangi oleh Sijoripost.com diruangannya beberapa waktu lalu.

Kepada Wartawan Pengadilan Negri(WPN) Pekanbaru Efrizal menunjukkan bahwa, untuk kasus Narkotika merupakan kasus yang paling banyak ditangani oleh Pengadilan.

Bahkan, dalam satu tahun kasus Narkotika yang ditangani oleh Majelis Hakim PN Pekanbaru menembus angka 60 persen dari jumlah perkara yang masuk di pengadilan.

Tanggapan Martin Ginting selaku humas Pengadilan Negeri Pekanbaru ketika di temui wartawan pengadilan diruangannya mengatakan hal tersebut menunjukkan bahwa penyalahgunaan narkoba ditengah masyarakat sudah semakin tinggi”, kata Martin, Kamis, (12/4/2018)

“Indikatornya terlihat dari kasus yang masuk ke Pengadilan”, sahutnya

Martin Ginting berharap kepada pemerintah terhadap kasus Narkoba ini untuk bisa melindungi rakyatnya yang tidak berdosa. Karena generasi muda adalah harapan bangsa yang akan mengisi pembangunan kedepannya di negeri ini dan mereka harus diselamatkan”, harapnya

“Tentunya, harus banyak upaya pencegahan bukan penindakan di lapangan. kalau kita harapkan, hakim itu bukan lagi menghukum orang tapi ada upaya upaya prefentif untuk menekan angka penyalahgunaan narkoba itu”, serunya

“Jika penyalahgunaan narkoba yang lebih dominan maka negara akan rugi, baik dari sisi sumber daya manusianya (SDM), biaya persidangan juga banyak apalagi biaya yang di keluarkan oleh negara untuk makan narapidana, biayanya pastinya sangat besar”, sahutnya lagi

Jadi, Pencegahannya yang utama di laksanakan. Karena kita sudah memasuki darurat narkoba”, tutupnya

Diketahui, pada tahun 2017 kasus narkoba yang ditangani oleh pengadilan Negri Pekanbaru sebanyak 396 kasus dari 1.156 kasus yang di persidangkan  (spc1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares