Scroll to Top

Walikota se Sumatera kagumi perkembangan pembangunan di kota Pekanbaru

By Fitri Laurencia / Published on Selasa, 06 Feb 2018 13:11 PM / No Comments / 190 views

Pekanbaru, Sijoripost.com Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia atau disingkat APEKSI adalah sebuah organisasi bagi seluruh pemerintah kota di Indonesia. Dalam bahasa Inggris, Association of Indonesia Municipalities atau disingkat AIM. Organisasi ini berdiri pada 25 Mei 2000.

Sesuai dengan Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan Keputusan Presiden No. 49 Tahun 2000 tentang Pembentukan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD), Departemen Dalam Negeri dan Otonomi Daerah mengeluarkan Keputusan No. 16 Tahun 2000 mengenai Panduan Pembentukan Asosiasi Pemerintah Daerah dan Pemilihan Wakil Asosiasi Pemerintah Daerah sebagai Anggota DPOD. Keputusan Mendagri dan Otonomi Daerah No. 16 Tahun 2000 disusun untuk mengembangkan Asosiasi Pemerintah Kota, Asosiasi Pemerintah Kabupaten, dan Asosiasi Pemerintah Provinsi yang benar-benar mandiri dan akan terwakili di DPOD.

Musyawarah Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Muskomwil I Apeksi) kali ini digelar di Kota Pekanbaru, Riau yang telah berlangsung pada 1-3 Februari 2018, dengan tema ‘Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Menjaga Keberlanjutan Program Pembangunan Daerah’.

Walikota Pekanbaru, Firdaus yang juga Wakil Ketua Komwil I Apeksi mengucapkan selamat datang kepada 24 Walikota yang hadir dalam acara tersebut. Sembari mengharapkan acara dapat berjalan lancar, orang nomor satu di Pekanbaru juga mengimbau kepada peserta Apeksi untuk dapat mengikuti serangkaian acara hingga selesai,

“Atas nama tuan rumah kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak/Ibu Walikota yang hadir dalam acara Apeksi. Semoga kita dapat mengikuti seluruh rangkaian acara yang digelar, dan berjalan dengan lancar,” kata Firdaus.

Setelah secara resmi dibuka, pada malam harinya, seluruh peserta Muskomwil I Apeksi di Kota Pekanbaru juga dijamu makan malam bersama. Menariknya, jamuan makan malam dilaksanakan di situs sejarah, Rumah Singgah Tuan Kadi yang ada di pinggir Sungai Siak, tidak jauh dari Jembatan Siak III.

Walikota Pekanbaru Firdaus berharap, Muskomwil I Apeksi bisa berjalan lancar seperti yang diharapkan. Dalam kesempatannya ia juga sempat memaparkan seperti apa Smart City Madani, yang selama ini menjadi visi dan misi Pemerintah Kota, dihadapan para Walikota yang hadir dalam acara ini.

Smart City dirasa penting seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat seperti sekarang ini. Inilah yang terus digaungkan Pemko Pekanbaru, dengan enam pilar di dalam progam Smart City-nya, diantaranya masyarakat, perekonomian, pemerintahan, lingkungan dan kehidupan yang pintar (Smart).

Pilar ini lah yang menjadi komponen yang selaras untuk ‘mendongkrak’ Kota Pekanbaru semakin maju dalam berbagai aspek, termasuk diantaranya pembangunan. Selain itu, Walikota Pekanbaru Firdaus juga ‘memamerkan’ Smart Card yang multi fungsi, mulai dari prabayar, ATM, identitas dan lainnya.

Untuk perkembangan pembangunan Kota Pekanbaru yang dipimpin oleh Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus ST. MT, menuai apresiasi dari 24 peserta Muskomwil I Apeksi.

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, yang juga pernah menjabat Pengurus Apeksi wilayah Regional 1 periode 2015 – 2018, beri apresiasi pada walikota Pekanbaru H Firdaus ST MT.

”Terlihat dari persiapan pemerintah kota Pekanbaru sebagai tuan rumah penyelenggaraan Muskomwil I Apeksi tahun 2018 yang dihadiri 24 walikota dan tamu undangan lainnya, paparan master plane rancangan kinerja pemerintah Pekanbaru dalam program kerjanya Smart City, serta kemajuan pembangunan kota Pekanbaru.”

”Saya juga merasa terkagum – kagum saat rombongan 24 Walikota yang hadir dapat melihat tatanan kota Pekanbaru yang bersih, rapi dan pesat akan kemajuan pembangunan, seperti pembangunan perkantoran bersama pemerintah Pekanbaru yang tadi pagi kita tinjau,” ujarnya.

Kiranya melalui penyelengaraan acara Muskomwil Apeksi wilayah 1 tahun 2018 kali ini, seluruh peserta 24 walikota yang hadir dapat melihat keberhasilan pemerintah kota Pekanbaru dalam perjalanannya menata kota.

Dari serangkaian kegiatan penyelengaraan yang disajikan, untuk menjadikan inspirasi yang baru bagi kami dan munculnya sejumlah ide-ide cemerlang untuk lebih berpacu membangun wilayah kerja kami masing-masing.

Tak kalah dengan kekaguman Walikota Padang terhadap kesuskesan pembangunan Kota Pekanbaru, Ketua Umum Apeksi, yang juga Walikota Tangerang Selatan Airin Rahmi Diany mengaku akan mengadopsi penggunaan smart card yang kini sudah dimulai Pemko Pekanbaru. Menurutnya, penggunaan smart card di pemerintahan sangat berguna.

“Satu kartu yang kaya fungsi tentunya sangat membantu, karena tidak hanya untuk tabungan tapi juga bisa digunakan untuk mendapatkan fasilitas pelayanan lain bahkan untuk pembayaran masuk jalan tol sekalian,” kata Airin.

Airin juga menyebut, smart card yang kini digalakkan Pemko Pekanbaru bisa disebut sebagai salah satu terobosan baru bagi kota yang masuk anggota Apeksi. Ditanya pendapatnya mengenai Kota Pekanbaru saat ini, Airin memberikan penilaian yang positif.

“Perkembangan Kota Pekanbaru sebagai salah satu kota besar cukup mengagumkan termasuk dengan pembangunan fisik kota dan kebersihan lingkungan,” sebutnya.

Selain musyawarah dan sidang pemilihan Ketua dan pengurus Komwil I APEKSI Periode 2018-2021, juga diadakan serangkaian kegiatan seperti city expo, pawai budaya nusantara, city tour, penanaman pohon, hingga ladies program.(spc2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares